Lapangan Futsal kami, meskipun pada pandangan pertama mungkin tidak terlihat sebagai bagian dari pendidikan akademik tradisional, merupakan elemen kunci dalam kurikulum program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Ini bukan hanya tentang bermain bola; lapangan ini adalah wadah penting bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi dan menginternalisasi nilai-nilai penting seperti kerja sama tim, sportivitas, dan kepemimpinan—semua kualitas yang akan mereka bawa ke kelas sebagai guru di masa depan.

Fasilitas olahraga ini menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan dan menyempurnakan kemampuan organisasi dan manajemen mereka, yang sangat penting dalam merencanakan dan melaksanakan program pendidikan jasmani. Dengan mengelola turnamen, sesi latihan, dan kegiatan olahraga lainnya, mahasiswa PGSD mengembangkan keterampilan komunikasi dan koordinasi yang efektif, serta kemampuan untuk memotivasi dan melibatkan siswa dalam kegiatan fisik yang menyenangkan dan bermanfaat.

Selain itu, lapangan ini mendukung pembelajaran praktis tentang pentingnya kesehatan dan kebugaran fisik, yang merupakan bagian integral dari pendidikan holistik. Dengan mengintegrasikan pembelajaran ini ke dalam pendekatan mengajar mereka, calon guru dapat lebih memahami bagaimana kesehatan fisik mempengaruhi kinerja akademik dan kesejahteraan emosional siswa. Ini menggarisbawahi pentingnya pendidikan jasmani dalam mendukung perkembangan keseluruhan anak, yang sejalan dengan tujuan program PGSD untuk menciptakan pendidik yang dapat mengajar kurikulum yang seimbang.

Lebih jauh lagi, lapangan futsal ini memungkinkan mahasiswa PGSD untuk menjalankan penelitian dan proyek yang berhubungan dengan pendidikan jasmani, memberikan mereka dasar yang kuat dalam metodologi pengajaran yang berhubungan dengan kesehatan dan kebugaran. Oleh karena itu, lapangan futsal tidak hanya menjadi sarana untuk rekreasi dan olahraga, tetapi juga sebagai laboratorium pembelajaran yang berharga, di mana teori pedagogik dan prinsip pembelajaran kinestetik diterapkan dalam praktik nyata.