2. Sistem Pengiriman dan Pemilihan Media

Pada titik ini dalam proses desain instruksional, sistem pengiriman ditentukan dan strategi instruksional telah dikembangkan, termasuk pengelompokan dan pengurutan, komponen pembelajaran, pengelompokan siswa, dan pemilihan media tentatif. Namun, jika seseorang membuat pilihan terbuka format media dan sistem pengiriman yang ideal, kemungkinan besar spesifikasi akan direvisi selama pengembangan materi. Tiga faktor sering menyebabkan kompromi dalam pemilihan media dan sistem penyampaian: ketersediaan bahan pengajaran yang ada, kendala produksi dan implementasi, dan jumlah fasilitasi yang diberikan oleh instruktur selama pengajaran.

2.1 Ketersediaan Materi Instruksional yang Ada
Terkadang bahan yang ada adalah alternatif yang menarik untuk melalui proses pengembangan dan produksi. Materi yang ada dapat diganti untuk materi yang direncanakan dalam skala mulai dari urutan motivasi tunggal dalam satu pelajaran ke seluruh kursus atau kurikulum. Pertimbangkan contoh desain pelatihan kepemimpinan kami. Dalam Bab Sembilan kami menentukan sistem pengiriman berbasis web, tetapi anggaplah ulasan materi yang ada menghasilkan serial televisi instruksional yang sesuai saat ini tentang keterampilan kepemimpinan kelompok yang dikembangkan oleh konsorsium perguruan tinggi junior. Jika hak duplikasi dan distribusi tidak menghalangi, maka dengan izin yang tepat, kutipan video yang sesuai dapat didigitalkan untuk distribusi web.

2.2 Kendala Produksi dan Implementasi
Format media dan sistem pengiriman yang terlihat mahal itu mahal. Memotong sudut produksi untuk menghemat uang biasanya tidak memengaruhi pembelajaran siswa, tetapi hal itu memengaruhi perhatian dan persepsi tentang relevansi dan wewenang. Desainer pemula yang belum pernah bekerja dengan media yang kompleks seringkali sangat meremehkan biaya perekrutan produksi komersial, dan sama-sama meremehkan keahlian, infrastruktur, dan persyaratan waktu untuk produksi in-house. Sangat penting untuk mengantisipasi kendala tersebut dengan uji tuntas selama analisis konteks pembelajaran dan untuk mempertahankan sudut pandang yang terbuka dan fleksibel ketika memasuki fase produksi bahan. Ketika dihadapkan dengan dilema-dilema ini, strategi terbaik adalah kembali ke format media yang lebih sederhana dan memproduksinya dengan baik, daripada bertahan dengan format media yang kompleks dan memproduksinya dengan buruk.

2.3 Jumlah Fasilitasi Instruktur
Ketika menggambarkan peran perancang dalam penyampaian pengajaran sebelumnya, kami mencatat bahwa berbagai tingkat fasilitasi kelas disediakan oleh perancang ketika ia juga menjadi instruktur. Diskusi berbagai tingkat fasilitasi instruktur juga berlaku dalam desain dan pengembangan e-learning. Langkah pertama dalam adopsi teknologi baru biasanya adalah upaya mereplikasi fitur-fitur teknologi lama yang membuat kita nyaman; dengan demikian, kami mulai menyampaikan pembelajaran dari jauh menggunakan televisi pembelajaran, web, dan sistem manajemen pembelajaran. Ini adalah fitur pengajaran di kelas yang dicoba untuk direplikasi oleh model e-kelas dalam pembelajaran jarak jauh. Ketika diskusi dan umpan balik diberikan oleh instruktur, biaya pengembangan bahan awal lebih rendah; Namun, biaya per siswa tinggi dan kursus tidak dapat ditingkatkan dalam ukuran tanpa membebani instruktur, mempekerjakan instruktur tambahan, atau mempekerjakan asisten, TA, atau personel pendukung lainnya. Model e-complete pembelajaran jarak jauh memilih untuk biaya pengembangan awal yang lebih tinggi dengan menugaskan komponen pembelajaran ke bahan ajar dan sistem pengiriman daripada ke instruktur, dan kemudian bergantung pada distribusi ke sejumlah besar siswa untuk menurunkan biaya per siswa. Dalam model ini, pilihan awal sistem pengiriman ideal dan format media sering dikompromikan ketika perancang pembelajaran dihadapkan dengan pengembangan bahan pembelajaran jarak jauh dan opsi biaya pengiriman yang didasarkan pada berbagai tingkat fasilitasi instruktur.

Referensi:
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2014). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). Pearson.