Guru memegang peran sentral dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas (Budiharso & Tarman, 2020; Fauth et al., 2019). Namun, di balik peran penting ini, guru kerap menghadapi berbagai tekanan dan tantangan yang berpengaruh terhadap kesejahteraan mental mereka. Kesejahteraan mental guru telah menjadi fokus prioritas dalam berbagai kebijakan pendidikan karena memiliki dampak signifikan tidak hanya bagi guru itu sendiri, tetapi juga terhadap siswa, komunitas sekolah, hingga masyarakat luas (Acton & Glasgow, 2015; de Ruiter et al., 2020; Glazzard & Rose, 2020; Spilt et al., 2011). Guru yang sejahtera secara mental berkontribusi pada terciptanya lingkungan belajar yang positif dan mendukung perkembangan holistik siswa.

Sebaliknya, kurangnya perhatian terhadap aspek kesejahteraan ini dapat menyebabkan berbagai konsekuensi serius, mulai dari kelelahan emosional, penurunan efikasi diri, hingga risiko depresi (Capone & Petrillo, 2020). Maka dari itu, mendukung teacher wellbeing menjadi langkah strategis dalam memperkuat kualitas pendidikan secara menyeluruh. Kesejahteraan guru tidak hanya memengaruhi kesehatan mental individu, tetapi juga berdampak langsung terhadap kualitas pengajaran, interaksi sosial di kelas, dan keterlibatan siswa dalam proses belajar (Hascher & Waber, 2021; Spilt et al., 2011; Yin et al., 2018).

Sebagai respons terhadap kebutuhan ini, sebuah inovasi berbasis teknologi telah dikembangkan, yaitu aplikasi dengan fitur face recognition yang memungkinkan guru mendiagnosis kondisi kesejahteraan mental mereka secara mandiri (Rosyidi et al., 2020). Aplikasi ini memberikan analisis dan rekomendasi intervensi yang sesuai, sehingga guru dapat memperoleh dukungan yang tepat dan berkelanjutan. Dengan bantuan teknologi ini, guru yang memiliki tingkat wellbeing yang baik akan lebih siap dan produktif dalam mendukung perkembangan siswa serta membangun suasana kelas yang lebih inklusif, sehat, dan memberdayakan.

Referensi

Acton, R., & Glasgow, P. (2015). Teacher wellbeing in neoliberal contexts: A review of the literature. Australian Journal of Teacher Education, 40(8), 99–114. https://doi.org/10.14221/ajte.2015v40n8.6

Budiharso, T., & Tarman, B. (2020). Improving quality education through better working conditions of academic institutes. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(1), 99–115. https://doi.org/10.29333/ejecs/306

Capone, V., & Petrillo, G. (2020). Mental health in teachers: Relationships with job satisfaction, efficacy beliefs, burnout and depression. Current Psychology, 39(5), 1757–1766.

de Ruiter, J. A., Poorthuis, A. M. G., Aldrup, K., & Koomen, H. M. Y. (2020). Teachers’ emotional experiences in response to daily events with individual students varying in perceived past disruptive behavior. Journal of School Psychology, 82(October 2019), 85– 102. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2020.08.005

Fauth, B., Decristan, J., Decker, A. T., Büttner, G., Hardy, I., Klieme, E., & Kunter, M. (2019). The effects of teacher competence on student outcomes in elementary science education: The mediating role of teaching quality. Teaching and Teacher Education, 86. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102882

Glazzard, J., & Rose, A. (2020). The impact of teacher well-being and mental health on pupil progress in primary schools. Journal of Public Mental Health, 19(4), 349–357.

Hascher, T., & Waber, J. (2021). Teacher well-being: A systematic review of the research literature from the year 2000–2019. Educational Research Review, 34, 100411.

Rosyidi, U., Sasmoko, Indrianti, Y., Manalu, S. R., Lubis, R., Moniaga, J., & Abu Bakar, A. Y. Bin. (2020). Designing Face Recognition Teacher Wellbeing Application that Optimizes Teacher’s Quality Work Life. Journal of Physics: Conference Series, 1641(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1641/1/012039

Spilt, J. L., Koomen, H. M. Y., & Thijs, J. T. (2011). Teacher Wellbeing: The Importance of Teacher-Student Relationships. Educational Psychology Review, 23(4), 457–477. https://doi.org/10.1007/s10648-011-9170-y

Yin, H., Huang, S., & Lv, L. (2018). A multilevel analysis of job characteristics, emotion regulation, and teacher well-being: a job demands-resources model. Frontiers in Psychology, 9, 2395.