Konsep Indeks Teacher Engagement Indonesia (ITEI) mewakili pendekatan baru untuk memahami teacher engagement dalam konteks pendidikan Indonesia (Sasmoko, Doringin, et al., 2018). ITEI merupakan penelitian tentang teacher engagement dengan model yang selaras dengan lanskap budaya dan pendidikan yang unik di Indonesia (Sasmoko, Indrianti, et al., 2019). Konsep ITEI dihasilkan bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan dengan menumbuhkan kondisi psikologis yang positif, partisipasi aktif dalam pendidikan, kinerja yang kuat, kompetensi yang mendukung, karakter bangsa, dan keterlibatan kepemimpinan nasionalisme.

Teacher engagement telah banyak dipelajari karena dampak positifnya terhadap pendidikan. Guru yang terlibat dapat menciptakan suasana sekolah yang lebih efektif dengan membuat kegiatan kelas bermakna dan berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, sehingga meningkatkan keterlibatan dan prestasi siswa (Mancz, 2014). Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi empat jenis engagement dengan sekolah sebagai unit sosial, dengan tujuan akademik, dengan siswa sebagai individu, dan dengan disiplin. Dimensi-dimensi ini menggambarkan bagaimana guru mengintegrasikan kehidupan pribadi dan profesional mereka, mempertahankan pekerjaan berkualitas tinggi, menunjukkan kepekaan terhadap perkembangan
siswa, dan menumbuhkan lingkungan belajar yang efektif.

Enam indikator utama teacher engagement yaitu merancang dan mengorganisasikan, memfasilitasi wacana, mengajar, memelihara, memotivasi, dan memantau. Indikator-indikator ini menyoroti berbagai peran yang dimainkan guru dalam mengelola tanggung jawab, memfasilitasi komunikasi, memberikan pengajaran, menawarkan dukungan sosial dan emosional, memotivasi siswa, dan memantau kemajuan (Geil, 2011; Sasmoko, Manalu, et al., 2018; Sasmoko, Moniaga, et al., 2019). Penelitian ini menggarisbawahi bahwa teacher engagement melampaui ruang kelas, melibatkan seluruh proses pendidikan dan faktor internal yang berkontribusi terhadap energi dan komitmen guru. Guru yang terlibat, melalui investasi holistik dalam peran mereka, secara positif mempengaruhi kinerja mereka sendiri serta keterlibatan dan prestasi siswa mereka (Sasmoko et al., 2017; Sasmoko, Abbas, et al., 2018).

References

  • Geil, K. E. (2011). Transformative professional development and teacher engagement. Proquest. Mancz, L. R. (2014). Teacher Engagement and Student Success in critical times. Proquest. Sasmoko, Abbas, B. S., Indrianti, Y., & Widhoyoko, S. A. (2018). Indonesian teacher engagement index: A rasch model analysis. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 296(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/296/1/012027
  • Sasmoko, Doringin, F., Indrianti, Y., Goni, A. M., & Ruliana, P. (2018). Indonesian Teacher Engagement Index (ITEI): An Emerging Concept of Teacher Engagement in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012119
  • Sasmoko, Indrianti, Y., Widhoyoko, S. A., Udjaja, Y., & Rosyidi, U. (2019). Performance change with or without ITEI apps. 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2018, 8674049, 0–8. https://doi.org/10.1109/CITSM.2018.8674055
  • Sasmoko, Manalu, S. R., Widhoyoko, S. A., Indrianti, Y., & Suparto. (2018). Develop applications based on android: Teacher Engagement Control of Health (TECH). Journal of Physics: Conference Series, 978(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/978/1/012029
  • Sasmoko, Moniaga, J., Indrianti, Y., Udjaja, Y., & Natasha, C. (2019). Designing determining teacher engagement based on the Indonesian teacher engagement index using artificial neural network. 2019 International Conference on Information and Communications Technology, ICOIACT 2019. https://doi.org/10.1109/ICOIACT46704.2019.8938538
  • Sasmoko, Muqsith, A. M., Widhyatmoko, D., Indrianti, Y., & Khan, A. (2017). Indonesian teacher engagement index (ITEI): Decision support system for education. Cyber and IT Service Management (CITSM), 2017 5th International Conference On, 1–5.