Era disruptive menimbulkan berbagai upaya adaptasi dan menimbulkan berbagai pergeseran diantaranya hilangnya profesi lama digantikan dengan beragam profesi baru (Devi et al., 2020). Saat ini, instrumen yang digunakan untuk mengukur peminatan dan profesi siswa sebagian besar masih memiliki paradigma lama (Lewis et al., 2016; Morris, 2020). Untuk itu, diperlukan kajian kebijakan baru pendidikan Indonesia dalam menetapkan peminatan pendidikan dan profesi sesuai dengan industry 4.0 sebagai wujud transformasi pilihan berdasar big data dan sebagai local wisdom di era 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk membangun Pengukuran Profil Peminatan Pendidikan dan Profesi di Era 4.0 dalam Konteks Indonesia melalui Artificial Intelligence” atau disingkat menjadi P4AI (Sasmoko et al., 2021).Pentingnya peminatan yang sejalur dengan profesi merupakan aspek yang paling diperlukan saat ini. Hal ini membuktikan pentingnya metode-metode untuk menguji minat dan bakat siswa dalam membantu siswa dalam memutuskan jalur peminatan sesuai dengan kelebihan dan kekurangan siswa, memberikan pilihan karir kepada siswa, dan sebagai dasar perhitungan dalam siswa untuk mengambil karir atau pendidikan yang lebih tinggi (Setiawati, 2020). Ada beragam cara untuk menguji minat dan bakat siswa dan salah satu dari metode untuk menguji minat dan bakat siswa adalah dengan menggunakan tes minat bakat. Permasalahannya adalah pergeseran zaman menuju ke masyarakat yang lebih termodernisasi dan digitalisasi seperti yang tengah dituntut oleh dunia modern saat ini dan tes minat bakat konvensional belum sepenuhnya menutupi profesi-profesi yang terlahir dari pergeseran zaman ini. Masalah seperti inilah yang akan dijawab dengan menggunakan platform tes peminatan berbasis artificial intelligence yang disebut P4AI.
Daftar Pustaka
Devi, M., Annamalai, M. A. R., & Veeramuthu, S. P. (2020). Literature education and industrial revolution 4.0. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1027–1036. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080337
Sasmoko, Indrianti, Y., Rapinta Manalu, S., & Lovenia Kerrin Waromi, Q. (2021). Literature Review Profiles of Specialization in Education and Profession as the basis for the developmentof Artificial Intelligence Website. 2021 4th Artificial Intelligence and Cloud Computing Conference, 216–220.Lewis, L. A., Kusmaul, N., Elze, D., & Butler, L. (2016). The role of field education in a university-community partnership aimed at curriculum transformation. Journal of Social Work Education, 52(2), 186–197. https://doi.org/10.1080/10437797.2016.1151274Morris, D. (2020). A review of information literacy programmes in higher education. Journal of Information Literacy, 14(1), 19. https://doi.org/10.11645/14.1.2668Setiawati, F. A. (2020). Aptitude Test’s Predictive Ability for Academic Success in Psychology Student. Psychological Research and Intervention, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/pri.v3i1.34731