Mindfulness for Entrepreneur
Mindfulness merupakan konsep psikologis yang sangat penting dalam mengevaluasi praktik kewirausahaan. Mindfulness merupakan konsep metakognisi yang tidak hanya berkaitan dengan kapasitas pengambilan keputusan namun juga kecepatan mengambil peluang dan aspek emosional yang terlibat sehingga berdampak pada evaluasi yang dilakukan. Mindfulness menjadi bagian penting antara kesadaran dan etika seorang entrepreneur dalam mengenali peluang (Kelly & Dorian, 2017). Konsep mindfulness menarik untuk menemukan berbagai variabel yang berdampak pada keberhasilan maupun kegagalan seorang entrepreneur (Rerup, 2005). Konsep mindfulness ditunjukkan dengan kemampuan untuk focus pada tujuan dan focus pada apa yang terjadi saat ini sebagai sebuah pengalaman yang menyeluruh (Malinowski, 2008). Mindfulness juga terlihat dari keterbukaan terhadap pengalaman dan keinginan untuk mencari informasi baru (Lau et al., 2006).Mindfulness diartikan sebagai perhatian reseptif dan kesadaran penuh akan sebuah peristiwa dan pengalaman saat ini sehingga memberikan berbagai manfaat terutama dalam menghasilkan kinerja. Artinya, mindfulness memiliki pengaruh yang sangat besar bagi seseorang dalam tindakan kewirausahaan yang dilakukan (De Mauro et al., 2016).
Daftar Pustaka
De Mauro, A., Greco, M., & Grimaldi, M. (2016). A formal definition of Big Data based on its essential features. Library Review, 65(3), 122–135. https://doi.org/10.1108/LR-06-2015-0061Kelly, L., & Dorian, M. (2017). Doing Well and Good: An Exploration of the Role of Mindfulness in the Entrepreneurial Opportunity Recognition and Evaluation Process. New England Journal of Entrepreneurship, 20(2), 26–36. https://doi.org/10.1108/neje-20-02-2017-b002Lau, M. A., Bishop, S. R., Segal, Z. V, Buis, T., Anderson, N. D., Carlson, L., Shapiro, S.,
Carmody, J., Abbey, S., & Devins, G. (2006). The Toronto Mindfulness Scale: Development and validation. Journal of Clinical Psychology, 66(4), 430–441. https://doi.org/10.1002/jclpMalinowski, P. (2008). Mindfulness as psychological dimension: Concepts and applications. Irish Journal of Psychology, 29(1–2), 155–166. https://doi.org/10.1080/03033910.2008.10446281Rerup, C. (2005). Learning from past experience: Footnotes on mindfulness and habitual entrepreneurship. Scandinavian Journal of Management, 21(4 SPEC. ISS.), 451–472. https://doi.org/10.1016/j.scaman.2005.09.010