Artikel penelitian adalah salah satu bagian terpenting dari proyek penelitian apa pun. Artikel-artikel ini diterbitkan dalam jurnal ilmiah dan berfungsi sebagai catatan pekerjaan Anda. Artikel tersebut akan merinci segala sesuatu tentang penelitian Anda, termasuk latar belakang dan metodologinya, bersama dengan hasil yang diperoleh dari eksperimen atau pengamatan Anda. Namun, menulis artikel semacam itu bukanlah tugas yang mudah! Anda perlu melacak semua informasi yang diperlukan untuk membuatnya dan mengaturnya dengan benar. Artikel ini akan mencantumkan beberapa aplikasi dan situs web yang membuat proses ini lebih mudah:

1. Scopus.com

Scopus.com adalah database lebih dari 25 juta publikasi dari lebih dari 5.000 penerbit dan 15.000 prosiding konferensi. Scopus.com menyediakan akses ke artikel jurnal dan bab-bab buku dalam ilmu pengetahuan dan bidang terkait. Anda juga dapat mencari informasi lain tentang sebuah makalah seperti berapa kali makalah itu dikutip, siapa yang telah menerbitkan di jurnal itu, dan faktor dampaknya (ukuran seberapa besar perhatian yang diberikan peneliti lain terhadap makalah yang diterbitkan di dalamnya).

Link: https://www.scopus.com/search/form.uri?display=basic#basic

2. Publish or Perish

Publish or Perish adalah program perangkat lunak yang mengambil dan menganalisis kutipan akademik. Ini menggunakan berbagai sumber data untuk mendapatkan kutipan mentah, kemudian menganalisisnya dan menyajikan berbagai metrik kutipan, termasuk jumlah makalah, total kutipan, dan indeks-h.

Hasilnya tersedia di layar dan juga dapat disalin ke clipboard Windows atau macOS (untuk ditempelkan ke aplikasi lain) atau disimpan ke berbagai format output (untuk referensi di masa mendatang atau analisis lebih lanjut). Publish or Perish menyertakan file bantuan mendetail dengan tips pencarian dan informasi tambahan tentang metrik kutipan.

Link: https://harzing.com/resources/publish-or-perish

3. Google Scholar

Google Scholar adalah mesin pencari yang mengindeks teks lengkap literatur ilmiah. Dengan mesin pencari ini, Anda dapat mencari artikel, buku, dan materi ilmiah lainnya di berbagai disiplin ilmu dan sumber. Anda juga dapat menemukan kutipan untuk makalah penelitian, ulasan, dan bibliografi Anda.

Google Scholar membantu Anda mengidentifikasi sumber-sumber penelitian yang berkualitas tinggi dan kredibel dengan fitur pelacakan kutipannya, yang berguna jika Anda telah mengutip sebuah artikel dalam makalah Anda, tetapi tidak yakin artikel lain apa yang mungkin telah mengutipnya juga. Google Scholar juga menyediakan akses tak terbatas ke jurnal akademis melalui layanan berlangganan mereka yang disebut ResearchEd.

Link: https://scholar.google.com/

4. Mendeley

Mendeley adalah salah satu manajer referensi terbaik yang tersedia. Gratis dan mudah digunakan, dengan aplikasi seluler yang kuat dan aplikasi desktop yang sama kuatnya. Mendeley juga terintegrasi secara mulus dengan aplikasi lain seperti Zotero dan Google Docs.

Jika Anda mencari solusi lengkap yang akan membantu Anda mengatur referensi Anda dan membuatnya dapat diakses ke mana pun Anda pergi, maka Mendeley adalah pilihan yang tepat.

Link: https://www.mendeley.com/?interaction_required=true

5. Google Translate

Salah satu aplikasi terbaik untuk penulis dan penerjemah adalah Google Translate. Aplikasi gratis ini dapat digunakan untuk menerjemahkan teks dalam berbagai bahasa dan bekerja secara offline. Antarmukanya bersih, sehingga mudah untuk menemukan apa yang Anda butuhkan. Anda dapat menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan kata, frasa, kalimat, dan paragraf dari bahasa Inggris ke bahasa Spanyol (dan sebaliknya).

Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini sebagai alat penerjemahan saat Anda mengunjungi negara lain atau bepergian ke luar negeri dalam perjalanan bisnis. Cukup ketik teks/kata yang ingin Anda terjemahkan ke dalam bahasa lain dan aplikasi ini akan langsung menunjukkan artinya dalam bahasa lain!

Link: https://translate.google.co.id/?hl=en

6. Grammarly

Grammarly adalah alat pemeriksa tata bahasa yang dapat memeriksa ejaan, tanda baca, dan gaya. Grammarly juga memiliki opsi untuk memeriksa plagiarisme sehingga Anda dapat memastikan pekerjaan Anda asli.

Versi gratis Grammarly akan memberi tahu Anda jika ada kesalahan dalam tulisan Anda tetapi tidak akan memberikan koreksi atau saran tentang cara memperbaikinya. Versi premium memberi Anda akses ke fitur-fitur canggih seperti pendeteksi plagiarisme dan analisis gaya penulisan. Anda dapat menggunakan versi gratis sebagai aplikasi desktop, ekstensi browser atau bahkan mengunduh aplikasi seluler Grammarly di perangkat iOS atau Android.

Link: https://www.grammarly.com/

7. Quillbot

Parafrase QuillBot membantu Anda menulis lebih baik, lebih cepat, dan lebih cerdas. Alat penulisan ulang ini gratis dan mudah digunakan—hanya dengan mengklik tombol, alat parafrase akan menyusun ulang kalimat, paragraf, esai, atau artikel sesuai keinginan Anda, dengan banyak opsi yang tersedia untuk menyesuaikan dan menyempurnakan teks yang ditulis ulang.

QuillBot juga memiliki berbagai fitur berguna lainnya untuk penulis, termasuk kemampuan untuk mengidentifikasi kalimat yang panjang (yang biasanya lebih sulit bagi pembaca) dan menghasilkan daftar sinonim yang darinya Anda dapat memilih satu atau dua kata yang memiliki arti serupa. Bahkan menawarkan saran untuk meningkatkan gaya penulisan Anda berdasarkan panjang dan kerumitan setiap kalimat-fitur yang menurut saya sangat membantu ketika mengedit artikel saya sendiri!

Link: https://quillbot.com

8. Bibliometrix

Bibliometrix adalah alat sumber terbuka untuk melaksanakan analisis pemetaan sains yang komprehensif dari literatur ilmiah.

Bibliometrix diprogram dalam bahasa R agar fleksibel dan memfasilitasi integrasi dengan paket statistik dan grafis lainnya. Memang, bibliometrik adalah ilmu yang terus berubah dan bibliometrix memiliki fleksibilitas untuk ditingkatkan dan diintegrasikan dengan cepat. Pengembangannya dapat mengatasi komunitas pengembang yang besar dan aktif yang dibentuk oleh para peneliti terkemuka.

Bibliometrix menyediakan berbagai rutinitas untuk mengimpor data bibliografi dari SCOPUS, Web of Science Clarivate Analytics, Dimensions, PubMed dan database Cochrane, melakukan analisis bibliometrik dan membangun matriks data untuk co-citation, coupling, analisis kolaborasi ilmiah dan analisis co-word.

Link: https://www.bibliometrix.org/home/index.php

9. VOSviewer

VOSviewer adalah alat perangkat lunak untuk membangun dan memvisualisasikan jaringan bibliometrik. Jaringan ini misalnya dapat mencakup jurnal, peneliti, atau publikasi individu, dan mereka dapat dibangun berdasarkan kutipan, penggabungan bibliografi, kutipan bersama, atau hubungan penulis bersama. VOSviewer juga menawarkan fungsionalitas penambangan teks yang dapat digunakan untuk membangun dan memvisualisasikan jaringan kemunculan bersama dari istilah-istilah penting yang diambil dari kumpulan literatur ilmiah.

Link: https://www.vosviewer.com/

10. Google Data Studio/Looker Studio

Google Data Studio adalah alat online gratis yang memungkinkan Anda membuat laporan, dasbor, dan visualisasi. Jika Anda pernah diminta untuk membuat laporan visual untuk proyek bisnis atau sekolah Anda, maka ini mungkin aplikasi untuk Anda. Aplikasi ini sempurna jika Anda ingin menganalisis data pada berbagai platform seperti Google Analytics atau bahkan Facebook Ads dengan antarmuka drag-and-drop-nya. Bagian terbaiknya? Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dapat digunakan oleh siapa saja dengan keterampilan komputer dasar.

Link: https://lookerstudio.google.com

Kesimpulan: Aplikasi dan situs web yang tercantum di atas sangat membantu dalam menulis artikel penelitian

Kesimpulannya, aplikasi dan situs web yang tercantum di atas sangat membantu dalam menulis artikel penelitian. Untuk membantu Anda dengan makalah penelitian Anda, alat-alat ini akan memberikan sumber daya yang sangat baik bagi mereka yang berjuang untuk menemukan data atau perlu mengatur pikiran mereka dengan lebih baik. Alat-alat ini akan membantu Anda menemukan data yang Anda butuhkan dan mengaturnya dengan cara yang masuk akal. Apakah Anda sedang menulis makalah penelitian, tesis atau disertasi, alat-alat ini bisa sangat berguna saat menulis makalah penelitian Anda.