Pendidikan adalah komponen kunci mobilitas sosial, dan peluang pendidikan yang tersedia bagi siswa dapat menjadi pembeda antara kemiskinan dan kemakmuran. Pendidikan inklusif mengajarkan siswa dengan kemampuan yang berbeda bagaimana mengambil mata pelajaran yang menantang, seperti sains atau matematika, selain kursus pendidikan khusus yang melayani secara khusus untuk kebutuhan mereka. Pembelajaran jarak jauh menawarkan fleksibilitas yang besar bagi para siswa yang mungkin memiliki cacat fisik atau kognitif yang membuat ruang kelas tradisional sulit atau tidak nyaman. Tetapi bagaimana seorang siswa inklusif dapat berkembang dalam pembelajaran jarak jauh? Kami telah mengumpulkan beberapa tips di bawah ini!

A. Bagaimana siswa inklusif dapat berkembang dalam pembelajaran jarak jauh.

Pembelajaran jarak jauh bisa menjadi pilihan yang bagus untuk siswa inklusif. Beberapa manfaatnya adalah:

  • Fleksibilitas. Pembelajaran jarak jauh sering kali lebih fleksibel daripada pendidikan di ruang kelas tradisional, sehingga siswa dapat bekerja dengan kecepatan mereka sendiri dan beristirahat ketika mereka membutuhkannya. Hal ini bisa sangat membantu jika Anda memiliki cacat fisik atau mental yang menyulitkan Anda untuk duduk di satu tempat untuk jangka waktu yang lama tanpa menjadi lelah atau mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan.
  • Keterjangkauan. Pembelajaran jarak jauh biasanya jauh lebih terjangkau daripada pendidikan di ruang kelas tradisional karena tidak perlu ruang kelas dengan pengaturan tempat duduk yang tetap-satu-satunya persyaratan ruang adalah koneksi internet!
  • Aksesibilitas. Kursus online dapat diakses di mana pun Anda tinggal, yang berarti tersedia di mana-mana, bahkan jika tidak ada universitas resmi di dekatnya yang menawarkan kursus yang Anda inginkan (atau mungkin karena keterbatasan anggaran).

B. Membedakan instruksi untuk siswa dengan kemampuan yang berbeda.

Berikut ini adalah contoh yang bagus untuk membedakan instruksi untuk siswa dengan kemampuan yang berbeda: Anda tahu bahwa beberapa siswa Anda perlu belajar secara berbeda, tetapi Anda tidak tahu harus mulai dari mana. Jawabannya sederhana: mulailah dengan mengidentifikasi apa yang perlu mereka pelajari, dan kemudian temukan strategi yang akan membantu mereka mempelajarinya dengan baik.

Kemudian gunakan teknologi dengan baik! Anda dapat menggunakan teknologi sebagai alat untuk diferensiasi karena memungkinkan Anda untuk memenuhi kebutuhan semua siswa sekaligus. Misalnya, jika Anda ingin siswa Anda yang tunanetra atau tunanetra dapat mengakses informasi sendiri (alih-alih mengandalkan orang lain), maka tawarkan kepada mereka versi audio dari teks alih-alih braille atau versi cetak besar yang terbuat dari lembaran kertas. Kemudian siapkan cara agar materi yang sama dalam format lain dapat diakses sehingga mereka masih bisa mengaksesnya meskipun mereka tidak bisa membaca teks dengan mudah karena masalah gangguan penglihatan seperti disleksia atau gangguan penglihatan lainnya seperti degenerasi makula yang terjadi ketika lubang kecil berkembang di dalam bagian

C. Ciptakan jadwal dan rutinitas yang konsisten, dengan istirahat yang sudah ada.

Jadwal yang konsisten membantu otak mengetahui apa yang akan terjadi, yang sangat membantu bagi siswa berkebutuhan khusus yang mungkin mengalami kesulitan dengan perubahan.

Menjaga jadwal yang konsisten juga membantu Anda tetap berada di atas pekerjaan Anda dan menyelesaikan berbagai hal. Jika Anda tidak yakin bagaimana cara membuat jadwal yang konsisten, berikut adalah beberapa tips:

  • Tentukan kapan Anda ingin bangun (lebih awal lebih baik).
  • Rencanakan tugas kuliah Anda per semester sehingga Anda dapat melihat berapa lama setiap kelas akan berlangsung dan mencari tahu waktu terbaik untuk istirahat sepanjang hari. Misalnya, jika satu kelas pada jam 9 pagi dan kelas lainnya pada siang hari, cobalah istirahat satu jam di antara keduanya sehingga tidak ada yang terasa terlalu terburu-buru atau terputus satu sama lain.

D. Gunakan visual untuk membantu membimbing siswa Anda.

Di saat banyak siswa yang berjuang untuk fokus pada pelajaran, visual dapat sangat membantu untuk membuat siswa tetap terlibat. Alat bantu visual dalam proses pembelajaran dengan memberikan pelajar sesuatu untuk dilihat dan didengarkan. Ini membantu konsentrasi, yang merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh orang-orang yang memiliki ketidakmampuan belajar (LD). Visual tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang memiliki LD; visual juga membantu siswa yang memiliki gangguan perhatian (ADD), gangguan penglihatan (VI), dan kondisi lain yang menyulitkan mereka untuk memperhatikan di kelas.

Visual juga membantu bagi siswa yang kesulitan dengan konten, dan membutuhkan dukungan ekstra untuk memahami apa yang sedang diajarkan. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan visual seperti bagan, grafik, peta dan diagram yang menunjukkan hubungan antar konsep.

D. Dorong keterampilan pemecahan masalah dan berpikir mandiri.

Pemecahan masalah dan kemampuan untuk berpikir secara mandiri adalah keterampilan penting bagi semua siswa, baik Anda seorang siswa sekolah menengah yang mengambil kursus online atau mahasiswa yang mengambil kelas tatap muka. Namun, ada cara-cara tertentu yang dapat dilakukan pendidik untuk mendorong keterampilan ini pada siswa mereka melalui pembelajaran jarak jauh.

Berikut beberapa kiatnya:

  • Dorong keterampilan pemecahan masalah dan berpikir mandiri dengan mengizinkan siswa Anda untuk mengerjakan proyek kelompok di mana mereka mendapatkan umpan balik dari rekan-rekan mereka atau melalui kolaborasi dengan siswa lain di kelas Anda. Hal ini akan membantu mereka mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah sendiri, sekaligus memberi mereka kepercayaan diri pada kemampuan mereka saat mereka belajar bagaimana berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.
  • Berlatih belajar mandiri dengan meminta siswa Anda membaca artikel atau buku tentang berbagai topik yang berkaitan dengan materi pelajaran kursus Anda; kemudian minta mereka menulis laporan tentang apa yang telah mereka pelajari dari bacaan tersebut. Ini adalah cara lain yang bagus bagi orang-orang yang mengambil kursus online di rumah (atau di mana pun) merasa seperti mereka secara aktif terlibat dengan apa yang terjadi di sekitar mereka – terutama jika orang lain tidak tersedia pada saat itu!

E. Berikan waktu untuk merefleksikan dan memberikan umpan balik kepada siswa Anda tentang pekerjaan yang telah diselesaikan.

Sebagai seorang guru, Anda berkesempatan untuk memberikan umpan balik atas pekerjaan siswa. Ini adalah bagian penting dari proses pembelajaran, karena memungkinkan siswa untuk memahami apa yang telah mereka pelajari dengan merefleksikan pekerjaan mereka sendiri.

Refleksi ini dapat dilakukan melalui penilaian diri sendiri atau penilaian teman sebaya (dua metode penilaian yang dapat digunakan bersama-sama). Agar proses ini berhasil, penting bagi siswa untuk diberi waktu untuk merefleksikan umpan balik yang diberikan sebelum melanjutkan tugas atau proyek berikutnya.

Agar pengalaman siswa Anda dalam lingkungan pembelajaran online menjadi bermakna dan efektif, perlu ada peluang bagi mereka untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam konteks dunia nyata di luar lingkungan kelas.

Kesimpulan: Pendidikan inklusif dapat berkembang dalam format pembelajaran jarak jauh dengan persiapan dan perencanaan yang tepat.

Pendidikan inklusif adalah topik yang telah dibahas dan diperdebatkan selama bertahun-tahun, tetapi jika Anda masih bertanya-tanya tentang hal itu dan bagaimana menciptakan lingkungan kelas yang inklusif bagi siswa penyandang disabilitas, berikut adalah beberapa saran terakhir:

  • Cobalah berbagai metode pengajaran. Ada banyak cara untuk mengajar siswa secara efektif – guru telah menggunakan segala sesuatu mulai dari video hingga kerja kelompok dan bahkan bermain peran untuk melibatkan siswa mereka.
  • Gunakan teknologi! Entah itu perangkat lunak atau aplikasi, ada sesuatu di luar sana yang dapat membantu Anda membangun ruang kelas yang lebih inklusif.
  • Pastikan staf pendukung Anda juga terlatih! Asisten instruksional Anda juga harus dilengkapi dengan pengetahuan tentang cara terbaik untuk mendukung kebutuhan siswa Anda sehingga mereka merasa diikutsertakan ketika mereka memasuki kelas Anda setiap hari.