Kontribusi guru bagi masyarakat kontemporer di era abad milenial ini tidak hanya berlaku bagi siswa sebagai individu namun juga memberikan dampak bagi kemajuan bangsa, karena guru membawa peran penting dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas (Geoffrey D. Borman & Steven M. Kimball, 2005; Hanushek & Rivkin, 2010). Sehingga engagement guru menjadi salah satu tuntutan tugas dan profesi yang harus dipenuhi karena dapat membantu meningkatkan kinerja secara optimal(Beairsto, 2012; Cardwell, 2011; Darling-Hammond, 2006) 

Era milenial ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi menjadi salah satu alasan perlunya sebuah inovasi di dunia pendidikan(Archambault et al., 2010). Indonesian Teacher Engagement Index (ITEI) Apps adalah sebuah aplikasi berbasis android yang dapat digunakan guru untuk melakukan self-assessment atas kondisi engagement yang mereka alami (Sasmoko et al., 2017)(Sasmoko et al., 2018). Aplikasi ITEI pada android dipilih dengan pertimbangan pesatnya perkembangan aplikasi android yang cenderung mudah dikembangkan dan mudah digunakan (Holla & Katti, 2012; Tracy, 2012) 

ITEI Apps digunakan guru secara mandiri untuk melihat kondisi engagement terhadap tugas dan tanggung jawab mereka sehingga diperoleh gambaran tentang bagaimana kemampuan guru memaknai hidup sebagai pendidik professional, kemampuan guru dalam menumbuhkan skill positif kepada siswa dan lingkungan, kemampuan guru dalam menghasilkan kinerja yang tinggi, karakter kebangsaan yang dimiliki guru, kemampuan guru memposisikan diri bahwa meskipun sebagai guru di lokasi tertentu, tetapi dalam diri guru melekat erat dalam mengedepankan pengaruhnya kepada kepentingan nasional, dan kompetensi dasar yang dimiliki guru yaitu (a) kompetensi pedagogik, (b) kompetensi kepribadian, (c) kompetensi sosial, dan (d) kompetensi professional (Koopmans et al., 2011; Sasmoko et al., 2014, 2018, 2017; Seligman et al., 2009; Seligman & Csikszentmihalyi, 2000; Undang Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, 2005) 

ITEI Apps tidak cukup hanya dengan memberikan gambaran kondisi yang dialami guru, namun ITEI Apps juga memberikan saran program intervensi yang harus dilakukan secara otomatis saat guru selesai melakukan self-assessment. Konsep ini mengadopsi tools medis yang biasanya mengimplementasikan self-assessment dan  intervensi bagi pasien sehingga pasien terbantu untuk memonitor program yang harus dilakukan (Davis et al., 2006; Spring et al., 2013) 

Mengimplementasikan program self-intervention di bidang pendidikan tentu tidak mudah terutama dalam melihat dampak yang akan dihasilkan (Klem & Connell, 2004). Sehingga rancangan intervensi ITEI Apps dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menjadi aplikasi yang mudah digunakan secara berkelanjutan bagi guru untuk mengukur sekaligus meningkatkan engagement mereka. 

ITEI Apps merupakan inovasi yang dihadirkan untuk menjawab kebutuhan pendidikan Indonesia saat ini dengan mengkolaborasikan konsep engagement yang diterapkan melalui aplikasi berbasis android sebagai salah satu trend teknologi saat ini. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, ITEI Apps dapat mempermudah guru untuk mengetahui kondisi engagement yang ada dalam dirinya, melakukan program sesuai program intervensi yang disarankan dan mendiagnosa kembali keefektifan hasil program secara berkelanjutan 

 

References 

Archambault, L., Wetzel, K., Foulger, T. S., & Williams, M. K. (2010). Professional Development 2.0: Transforming Teacher Education Pedagogy with 21st century tools. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 27(1), 4–11. 

Beairsto, B. (2012). Teacher Engagement. 

Cardwell, M. E. (2011). Patterns of Relationships Between Teacher Engagement and Student Engagement. Fisher Digital Publication. 

Darling-Hammond, L. (2006). Constructing 21st-Century Teacher Education. Journal of Teacher Education, 57(3), 300–314. https://doi.org/10.1177/0022487105285962 

Davis, D. A., Mazmanian, P. E., Fordis, M., Harrison, R. Van, Thorpe, K. E., & Perrier, L. (2006). Accuracy of physician self-assessment compared with observed measures of competence: A systematic review. JAMA, 296(9), 1094–1102. 

Geoffrey D. Borman, & Steven M. Kimball. (2005). Teacher Quality and Educational Equality: Do Teachers with Higher Standards‐Based Evaluation Ratings Close Student Achievement Gaps? The Elementary School Journal, 106(1), 3–20. https://doi.org/10.1086/496904 

Hanushek, E. A., & Rivkin, S. G. (2010). Using Value-Added Measures of Teacher Quality. American Economic Review, 100(2), 267–271. 

Holla, S., & Katti, M. M. (2012). Android based mobile application development and its security. International Journal of Computer Trends and Technology, 3(3), 486–490. 

Klem, A. M., & Connell, J. P. (2004). Linking Teacher Support to Student Engagement and Achievement. Journal of School Health, 74(7), 262–273. 

Koopmans, L., Bernaards, C. M., Hildebrandt, V. H., Schaufeli, W. B., de Vet Henrica, C. W., & van der Beek, A. J. (2011). Conceptual Frameworks of Individual Work Performance. Journal of Occupational and Environmental Medicine, 53(8), 856–866. https://doi.org/10.1097/JOM.0b013e318226a763 

Sasmoko, Doringin, F., Indrianti, Y., Goni, A. M., & Ruliana, P. (2018). Indonesian Teacher Engagement Index ( ITEI ): An emeerging concept of teacher engagement in Indonesia. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, 306. https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012119 

Sasmoko, Indrianti, Y., Khan, A., Nurkamto, J., & Harsoyo, Y. (2014). Construct theoretical: Indonesian Teacher Engagement Index (ITEI). Man in India, 97(14), 1–7. 

Sasmoko, Muqsith, A. M., Widhyatmoko, D., Indrianti, Y., & Khan, A. (2017). Indonesian teacher engagement index (ITEI): Decision support system for education. Cyber and IT Service Management (CITSM), 2017 5th International Conference On, 1–5. 

Seligman, M. E. P., & Csikszentmihalyi, M. (2000). Positive psychology: An introduction. American Political Science Review, 55(1), 5–14. https://doi.org/10.1037//0003-066X.55.1.5 

Seligman, M. E. P., Ernst, R. M., Gillham, J., Reivich, K., & Linkins, M. (2009). Positive education: positive psychology and classroom interventions. Oxford Review of Education, 35(3), 293–311. https://doi.org/10.1080/03054980902934563 

Spring, B., Gotsis, M., Paiva, A., & Spruijt-Metz, D. (2013). Healthy apps: mobile devices for continuous monitoring and intervention. IEEE Pulse, 4(6), 34–40. 

Tracy, K. W. (2012). Mobile application development experiences on Apple ’ s iOS and Android OS. IEEE Potential, 31(4), 30–34. https://doi.org/10.1109/MPOT.2011.2182571 

Undang Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005).