Kunci Keberhasilan Sekolah dalam Membangun Mutu

Dr. Meilani Hartono, S.Si., M.Pd.

mhartono@binus.edu

Para profesional pendidikan sekarang ini kurang memiliki pengetahuan atau pengalaman yang diperlukan untuk menyiapkan para siswanya memasuki pasar kerja global. Banyak profesional pendidikan di negara kita takut pada perubahan dan tidak tahu cara menjawab tantangan zaman. Para profesional pendidikan harus diberi program mutu yang khusus dirancang untuk dunia pendidikan.

Beberapa prinsip pokok Dr.W.Edward Deming sebagai ”Bapak Mutu” yang dapat diterapkan dalam bidang pendidikan adalah :

  1. anggota dewan sekolah dan administrator harus menerapkan tujuan mutu pendidikan yang akan dicapai
  2. menekankan pada upaya pencegahan kegagalan pada siswa, bukannya mendeteksi kegagalan setelah peristiwanya terjadi
  3. asal  diterapkan secara ketat, penggunaan metode kontrol statistik dapat memperbaiki outcomes siswa dan administratif

Beberapa prinsip pokok Dr.Joseph M. Juran  sebagai ”Bapak Mutu” yang dapat diterapkan dalam bidang pendidikan adalah :

  1. meraih mutu merupakan proses yang tidak mengenal akhir
  2. perbaikan mutu merupakan proses berkesinambungan, bukan program sekali jalan
  3. mutu memerlukan kepemimpinan dari anggota dewan sekolah dan administrator
  4. pelatihan massal merupakan prasyarat mutu
  5. setiap orang di sekolah mesti mendapatkan pelatihan

Inti dari pemikiran Deming dan Juran ini adalah membangun mutu sebagai prinsip dasar bagi pendidikan sekolah. Juran sudah memperkirakan keberhasilan bangsa Jepang dalam sebuah pidatonya untuk Organisasi Kontrol Mutu Eropa pada tahun 1966. Juran mengatakan :

Bangsa Jepang menonjol di dunia dalam kepemimpinan mutu dan akan menjadi pemimpin dunia dalam dua dekade mendatang karena tak ada pihak lain yang begerak ke arah mutu dengan keecepatan yang sama dengan bangsa Jepang.

DAFTAR PUSTAKA

Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Education. Jogjakarta:IRCiSoD