Implementasi Lesson Study di Sekolah pada Masa Pandemi

Dr. Meilani Hartono, S.Si., M.Pd.

mhartono@binus.edu

Salah satu upaya peningkatan kualitas Pendidikan dilakukan dengan peningkatan kualitas guru dan proses pembelajaran. Lesson Study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Dengan demikian, Lesson Study bukan metoda atau strategi pembelajaran tetapi kegiatan Lesson Study dapat menerapkan berbagai metoda/strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan permasalahan yang dihadapi guru. Lesson Study dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu Plan (merencanakan), Do (melaksanakan), dan See (merefleksi) yang berkelanjutan.

Dengan kata lain Lesson Study merupakan suatu cara peningkatan mutu pendidikan yang tak pernah berakhir (continous improvement).

Peningkatan mutu pendidikan melalui Lesson Study dimulai dari tahap perencanaan (Plan) yang bertujuan untuk merancang pembelajaran yang dapat membelajarkan siswa dan berpusat pada siswa, bagaimana supaya siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Perencanaan yang baik tidak dilakukan sendirian tetapi dilakukan bersama, beberapa guru dapat berkolaborasi atau guru-guru dan dosen dapat pula berkolaborasi untuk memperkaya ide-ide. Perencanaan diawali dari analisis permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran. Permasalahan dapat berupa materi bidang studi, bagaimana menjelaskan suatu konsep. Permasalahan dapat juga berupa pedagogi tentang metoda pembelajaran yang tepat agar pembelajaran lebih efektif dan efisien atau permasalahan fasilitas, bagaimana mensiasati kekurangan fasilitas pembelajaran.

Saat guru mengajar, guru-guru yang lain atau pun dosen yang berkolaborasi dalam tim Lesson Study mengamati proses pembelajaran secara utuh. Hal ini dapat dilakukan secara langsung atau pun tidak langsung, misalnya dengan menggunakan rekaman video. Lesson Study akan lebih efektif jika pengamatan dilakukan melalui video, karena video dapat di play berulangkali saat diskusi sehingga pengamatan dan refleksi menjadi benar-benar efektif

Pada masa pandemi seperti saat ini, Lesson Study menjadi sangat jarang dilakukan karena guru sedang beradaptasi dengan pembelajran daring. Padahal, jika pembelajaran dilakukan secara daring, maka lebih mudah dilakukan Lesson Study. Semua Kegiatan dilakan secara daring, mulai dari perencanaan sampai dengan refleksi. Guru dan tim tidak perlu bersusah payah memikirikan membuat video pembelajaran karena semuanya dapat dibuat secara mudah melalui fitur pembelajaran daring yang digunakan. Perencanaan dan refleksi pun dapat direkam karena semuanya diakukan secara daring, Dengan demikian, guru dan tim dapat mengulang dan melihat kembali semua yang dilakukan. Ini artinya, di masa pandemi, Lesson Study sangatlah mungkin dilakukan dan bahkan bisa jadi menjadi lebih efektif.