Teknologi Augmented Reality

APA ITU AUGMENTED REALITY?

Augmented Reality (AR) adalah salah satu mode teknologi modern terbesar saat ini, dan itu hanya akan menjadi lebih besar karena AR gadget lain, serta semua ponsel cerdas, menjadi lebih tersedia di seluruh dunia. AR memungkinkan kita untuk melihat lingkungan kehidupan nyata tepat di depan kita– pepohonan membimbing di taman, anjing mengejar bola, anak-anak bermain sepak bola– dengan augmentasi elektronik di atasnya. Seekor pterodactyl dapat terlihat mendarat di pepohonan, anjing-anjing itu mungkin sedang bersosialisasi dengan rekan-rekan anime mereka, dan juga anak-anak terlihat menendang melewati pesawat luar angkasa alien untuk mencetak gol.

Dengan perkembangan teknologi modern AR, contoh-contoh ini tidak jauh berbeda dari apa yang sudah tersedia untuk perangkat pintar Anda. Reality yang diperbesar, pada kenyataannya, mudah tersedia dan digunakan dalam berbagai cara termasuk sebagai lensa Snapchat, dalam aplikasi yang membantu Anda menemukan mobil Anda di area parkir yang ramai, dan dalam pemilihan aplikasi pembelian yang memungkinkan Anda untuk mencoba pakaian tanpa juga meninggalkan rumah.

Mungkin salah satu contoh teknologi modern AR yang paling terkenal adalah aplikasi mobile Pokemon Go, yang diluncurkan pada tahun 2016 dan dengan cepat menjadi perasaan yang tak terelakkan. Dalam video game, gamer menemukan dan merekam karakter Pokemon yang muncul di dunia nyata– di trotoar Anda, di air mancur, juga di kamar mandi Anda sendiri.

SCIENCE DI BELAKANG AUGMENTED REALITY

Dibutuhkan beberapa inovasi inovatif untuk mengembangkan pengalaman Augmented Reality (AR). Bagaimana cara kerja Augmented Reality? Semua itu bermuara pada lokasi, tempat, area (dan juga identifikasi, pengenalan, identifikasi).

Perlengkapan
Gambar AR dapat ditampilkan di banyak perangkat seperti kacamata dan kacamata pengaman (ingat Google Glass?), headset, dan layar head-up seperti pelindung kepala, namun salah satu cara paling umum untuk menggunakan AR ini hari ada di smartphone, dalam berbagai aplikasi dan juga game.

Jenis AR
Ada 2 jenis augmented reality yang luas, ini berbasis penanda dan juga tanpa penanda.

AR berbasis penanda menggunakan pengenalan gambar untuk mengidentifikasi objek yang sebenarnya telah diprogram sebelumnya langsung ke perangkat atau aplikasi AR Anda. Penanda fidusia (sesuatu yang diletakkan di bidang penglihatan untuk digunakan sebagai faktor referensi) membantu gadget AR menetapkan penempatan dan orientasi dari kameranya.

Di bawah ini persisnya cara kerjanya: Pertama, umpan kamera elektronik dialihkan ke skala abu-abu untuk mempercepat waktu penanganan. Saat menemukan penanda (biasanya sesuatu yang mudah namun unik, seperti kode QR), perangkat membandingkan detail dari pena dengan semua pena di pikirannya. Setelah menemukan kecocokan, ia menggunakan info pena untuk mengidentifikasi postur secara matematis, dan juga menunjukkan gambar AR di tempat yang tepat. Misalnya, Anda berada di galeri. Dengan mengarahkan kamera ponsel Anda ke penanda pada plakat terperinci, Anda mungkin dapat segera melihat lebih banyak tentang artefak yang Anda cari.

AR tanpa penanda sedikit lebih rumit. Tidak memiliki penanda berarti tidak ada yang telah diprogram sebelumnya ke perangkat Anda—perangkat harus mengenali item dengan cepat. Algoritme pengenalan di perangkat Anda mencari pola, warna, atau fitur lain yang mungkin menunjukkannya.

Video game yang sangat populer melacak lokasi Anda melalui GPS setelah menggunakan informasi geografis dan juga jam ponsel Anda untuk memilih kapan dan di mana karakter Pokemon akan muncul. Permainan video menggunakan GPS ponsel Anda, akselerometer, serta kompas untuk mengarahkan dirinya sendiri– dan juga kemudian menggunakan kamera video untuk melapisi gambar Pikachu atau Jigglypuff dalam lingkungan kehidupan nyata Anda.

APA PERBEDAAN ANTARA AR, VR, DAN MR?

Augmented Reality (AR) sering menambahkan aspek digital ke tampilan waktu nyata dengan memanfaatkan kamera elektronik pada smartphone. Contoh pengalaman fakta yang ditambah terdiri dari lensa Snapchat dan game Pokemon Go.

Realitas virtual (Virtual Reality) menunjukkan pengalaman perendaman penuh yang menutup dunia nyata. Dengan memanfaatkan alat VR seperti HTC Vive, Oculus Rift, atau Google Cardboard, pelanggan dapat dibawa langsung ke berbagai dunia nyata dan juga atmosfer gambar seperti tengah koloni penguin yang berkoak dan bahkan bagian belakang naga.

Dalam pengalaman Mixed Reality (MR), yang menggabungkan komponen AR dan Virtual Reality, item elektronik serta dunia nyata berinteraksi. Gabungan kebenaran teknologi modern baru-baru ini mulai dihapus dengan HoloLens Microsoft di antara perangkat realitas campuran awal yang paling signifikan.

Extended Reality (XR) adalah istilah umum yang mencakup semua teknologi modern yang meningkatkan indera kita, apakah itu menawarkan detail tambahan tentang dunia nyata atau menciptakan bola dunia simulasi yang sama sekali tidak nyata untuk kita alami. Ini terdiri dari teknologi Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR).

Suwarno, S.Si., M.Pd.