Apa itu Pembelajaran Hibrid dan Apa kelebihannya?

Apa Sebenarnya Pembelajaran Hibrid itu?

Pembelajaran hibrid sebenarnya adalah versi akademik di mana beberapa siswa bergabung dengan kelas secara langsung, sementara yang lain bergabung dengan kelas pelatihan secara praktis dari properti. Pendidik mengajar siswa jarak jauh dan juga tatap muka secara bersamaan menggunakan sumber daya seperti perangkat lunak dan perangkat keras konferensi video.

Dalam beberapa kasus, kelas crossbreed terdiri dari aspek pembelajaran asinkron, seperti latihan fisik internet dan juga instruksi video yang direkam sebelumnya, untuk membantu sesi kelas langsung. Jika dianggap efektif, program persilangan memadukan aspek paling efektif dari pembelajaran tatap muka dan online sambil membuat pendidikan menjadi lebih layak untuk banyak peserta pelatihan.

Agar pembelajaran hibrid menjadi efektif, aspek program pelatihan kombinasi Anda harus benar-benar disesuaikan dengan format pembelajaran, apakah itu benar-benar di web atau secara langsung.

Pembelajaran Hibrid vs. Pembelajaran Campuran

Pembelajaran hibrid dan pengetahuan campuran biasanya dapat disalahartikan satu sama lain, dan keduanya memiliki sebagian besar aspek pendidikan yang sama. Namundemikian, masing-masing adalah 2 model pembelajaran tertentu. Pembelajaran campuran memadukan mentor langsung dengan metode pembelajaran asinkron, di mana siswa fokus pada latihan internet dan menonton video tutorial selama kesempatan mereka sendiri. Pembelajaran hybrid sebenarnya adalah strategi pelatihan di mana pendidik melatih secara langsung dan juga peserta pelatihan remote control pada kesempatan yang sama. Dalam gaya belajar hibrid, metode pengajaran asinkron dapat digunakan untuk melengkapi arahan tatap muka secara bersamaan.

Manfaat Pembelajaran Hibrid

Setiap internet dan pemahaman pribadi memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Tujuan pembelajaran hybrid sebenarnya adalah untuk menggabungkan kedua format tersebut untuk membuat suatu keahlian pembelajaran tertentu tanpa ada titik rentan. Manfaat pembelajaran hybrid sebenarnya adalah:

Pengalaman belajar yang fleksibel.

Banyak universitas beralih ke pembelajaran hibrid untuk keserbagunaan: jadwal pemahaman yang fleksibel, fleksibilitas dalam metode pelatihan, keserbagunaan dalam cara peserta terlibat dengan produk yang mereka ketahui, serta fleksibilitas dalam kemitraan dan komunikasi di antara rekan-rekan dan juga pelatih mereka. Untuk siswa yang tidak dapat mengikuti kelas pelatihan secara langsung, atmosfer pembelajaran hibrid memungkinkan mereka untuk menemukan dari jarak jauh dari properti.

Peluang komunikasi simultan.

Beberapa pengalaman belajar cocok dengan kedekatan dan keintiman diskusi ilmiah secara langsung. Aspek langsung dari pembelajaran hibrid memperoleh dari opsi untuk keterlibatan waktu nyata antara rekan-rekan. Momen ini sebenarnya paling baik digunakan untuk kerja kelompok secara bersamaan, diskusi bersama dengan sesi tanya jawab, dan percakapan mendalam. Dapatkan keuntungan dari kesempatan tatap muka yang Anda miliki satu sama lain untuk menciptakan hubungan ilmiah yang bertujuan, dan pada saat itu bawa kemitraan tersebut secara online.

Kebebasan eksplorasi akademik secara mandiri.

Di internet belajar memiliki banyak kebebasan. Peserta pelatihan yang berhasil dalam manajemen diri dan penemuan individu akan berkembang di bawah kebebasan ini: kebebasan untuk menemukan yang berasal dari lokasi yang mereka pilih, fleksibilitas untuk melihat kembali materi, berbagai jenis peluang pada tingkat apa pun, sebagai serta fleksibilitas untuk membangun wacana asinkron yang mendetail dengan rekan-rekan Anda.

Sumber daya penggunaan ekstra yang dapat diandalkan.

Sama seperti ketika Anda menghadiri janji temu yang Anda kenali sebenarnya adalah email, mungkin menjengkelkan untuk pergi ke kelas tatap muka di mana semua siswa benar-benar melakukan pekerjaan digital pribadi. Saat merencanakan silabus Anda dan juga menjadwalkan kelas mana yang akan diadakan secara online dan mana yang secara langsung, ingatlah sumber daya apa yang akan Anda perlukan untuk setiap pelajaran dan strategi dengan benar, memaksimalkan penggunaan sumber daya.

Suwarno, S.Si., M.Pd.