Teknologi 5G

Generasi kelima dari teknologi seluler disebut sebagai 5G. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kecepatan dan fleksibilitas layanan nirkabel dengan mengurangi latency dan meningkatkan bandwidth.

Apa itu teknologi 5G?

Teknologi 5G memiliki kecepatan puncak teoritis 20 Gbps, sedangkan kecepatan puncak 4G hanya 1 Gbps. 5G juga menjamin latensi yang lebih rendah, yang dapat meningkatkan efisiensi aplikasi organisasi dan berbagai pengalaman elektronik lainnya (seperti video game online, konferensi video, serta mobil dan truk yang dapat mengemudi sendiri).

Sementara generasi teknologi modern seluler sebelumnya (seperti 4G LTE) berfokus pada pembuatan konektivitas tertentu, 5G membawa konektivitas ke tingkat berikutnya dengan memberikan pengalaman terkait dari cloud ke klien. Jaringan 5G tervirtualisasi dan juga digerakkan oleh perangkat lunak, serta memanipulasi inovasi cloud.

Jaringan 5G juga akan menyederhanakan kursi roda, dengan kemampuan jelajah terbuka yang mulus antara wi-fi dan aksesibilitas seluler. Individu seluler dapat tetap terhubung saat mereka berpindah di antara koneksi nirkabel luar serta jaringan nirkabel di dalam gedung tanpa intervensi individu atau permintaan pengguna untuk mengautentikasi ulang.

Standar nirkabel Wi-Fi 6 yang baru (juga disebut sebagai 802.11 axe) memiliki karakteristik yang sama dengan 5G, termasuk peningkatan kinerja. Radio Wi-Fi 6 dapat ditempatkan di mana individu membutuhkan mereka untuk menyediakan cakupan asuransi geografis yang lebih baik dan biaya yang lebih rendah. Yang mendasari radio Wi-Fi 6 ini adalah koneksi berbasis perangkat lunak dengan otomatisasi canggih.

Teknologi 5G seharusnya meningkatkan konektivitas di lokasi negara yang kurang terlayani dan juga di kota-kota di mana kebutuhan dapat melampaui kemampuan saat ini dengan teknologi 4G. Jaringan 5G baru juga akan memiliki gaya akses terdistribusi yang tebal dan juga memindahkan pemrosesan informasi lebih dekat ke tepi dan individu untuk memungkinkan pemrosesan data yang lebih cepat.

Bagaimana cara kerja teknologi 5G?

Teknologi 5G akan menghadirkan perkembangan di seluruh gaya jaringan. 5G New Radio, standar dunia untuk antarmuka udara nirkabel 5G yang jauh lebih mumpuni, akan mencakup rentang yang tidak digunakan dalam 4G. Teknologi 5G tidak terbatas pada jangkauan radio baru.

Gaya 5G pasti akan menjadi platform yang ditentukan perangkat lunak, di mana kemampuan jaringan dikelola dengan program perangkat lunak dan bukan perangkat keras. Perkembangan dalam virtualisasi, inovasi berbasis cloud, serta TI dan juga otomatisasi prosedur organisasi memungkinkan desain 5G dapat beradaptasi serta tangkas dan menyediakan aksesibilitas pengguna kapan saja, di mana saja. Jaringan 5G dapat menghasilkan konstruksi subjaringan yang ditentukan perangkat lunak yang dipahami sebagai bagian jaringan. Potongan-potongan ini memungkinkan manajer jaringan untuk menentukan kemampuan jaringan berdasarkan perangkat dan juga pelanggan.

5G juga meningkatkan pengalaman digital melalui pembelajaran mesin (ML) yang memungkinkan otomatisasi. Permintaan untuk waktu respons dalam porsi detik (seperti untuk kendaraan self-driving) membutuhkan jaringan 5G untuk mendapatkan otomatisasi dengan ML dan, pada titik tertentu, pemahaman mendalam dan juga kecerdasan buatan (AI). Penyediaan otomatis dan administrasi positif dari lalu lintas dan solusi situs web pasti akan menurunkan biaya fasilitas dan juga meningkatkan pengalaman yang terhubung.

Apa dampak nyata dari teknologi 5G?

Teknologi 5G tidak hanya akan memperkenalkan periode baru peningkatan kinerja dan kecepatan jaringan, tetapi juga pengalaman tambahan baru bagi individu.

Dalam perawatan medis, teknologi 5G, serta koneksi Wi-Fi 6, tentu akan memungkinkan orang untuk diperiksa melalui gadget terkait yang terus-menerus menyampaikan informasi tentang indikasi kesehatan penting, seperti harga jantung dan tekanan darah. Di sektor otomotif, 5G yang dikombinasikan dengan formula berbasis ML akan memberikan informasi tentang lalu lintas situs web, kecelakaan, dan lainnya; kendaraan akan memiliki kemampuan untuk berbagi detail dengan berbagai kendaraan lain dan juga entitas di jalan raya, seperti kontrol lalu lintas. Ini hanyalah dua aplikasi industri teknologi 5G yang memungkinkan pengalaman yang jauh lebih baik dan lebih aman bagi individu.

Teknologi 5G akan memperkenalkan perkembangan di seluruh desain jaringan. 5G New Radio, kriteria internasional untuk antarmuka pengguna udara nirkabel 5G yang jauh lebih berkualitas, akan mencakup spektrum yang tidak digunakan dalam 4G. Peningkatan dalam virtualisasi, teknologi berbasis cloud, serta otomatisasi prosedur TI dan organisasi memungkinkan arsitektur 5G menjadi gesit serta serbaguna dan menawarkan akses individu kapan saja, di mana saja. Dalam perawatan medis, teknologi 5G dan koneksi Wi-Fi 6 akan memungkinkan klien untuk dipantau melalui perangkat terhubung yang secara teratur memberikan informasi tentang tanda-tanda kesehatan penting, seperti detak jantung serta tekanan darah. Ini hanyalah dua aplikasi industri teknologi 5G yang dapat memberikan pengalaman yang jauh lebih baik dan lebih aman bagi pelanggan.

Suwarno, S.Si., M.Pd.