Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang elektronik yang diproduksi pada Januari 2009. Bitcoin memberikan jaminan biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional. Selian itu, tidak seperti uang yang dikeluarkan pemerintah, Bitcoin dioperasikan oleh otoritas yang terdesentralisasi.

Semua transaksi bitcoin diverifikasi oleh sejumlah besar daya hitung. Bitcoin tidak disediakan atau didukung oleh lembaga keuangan atau pemerintah federal mana pun, begitu pula bitcoin individu tidak berguna sebagai produk. Meskipun tidak sah secara hukum di sebagian besar komponen dunia, bitcoin sangat disukai dan telah memicu peluncuran ratusan cryptocurrency lainnya, yang disebut altcoin.

Trik Bitcoin tidak boleh bingung dengan dompet bitcoin, yang merupakan perangkat fisik atau digital yang membantu dalam perdagangan bitcoin dan memungkinkan pengguna untuk melacak kepemilikan koin. Pada Juni 2021, ada lebih dari 18 juta bitcoin yang ada dan kurang dari 3 juta bitcoin yang tersisa untuk ditambang.

Siapa saja– apakah mereka menjalankan “simpul” bitcoin atau lainnya– dapat melihat transaksi ini terjadi secara real-time. Untuk melakukan tindakan jahat, seorang penjahat pasti perlu mengoperasikan 51% dari kekuatan komputer yang membentuk bitcoin. Bitcoin memiliki sekitar 10.000 node, sejak Juni 2021, dan jumlah ini terus bertambah, membuat serangan seperti itu sangat kecil kemungkinannya.

Mengenal Bitcoin

Sistem bitcoin adalah kumpulan komputer (juga disebut sebagai “node” atau “penambang”) yang semuanya menjalankan kode bitcoin serta menyimpan blockchain-nya. Karena semua komputer yang menjalankan blockchain memiliki daftar pembelian dan blok yang sama persis, dan dapat secara transparan melihat blok baru ini diisi dengan pembelian bitcoin baru, tidak ada yang bisa membobol sistem.

Bitcoin baru diluncurkan ke para penambang dengan harga yang diperbaiki, namun secara teratur menurun. Pada Juni 2021, ada lebih dari 18 juta bitcoin yang ada dan kurang dari 3 juta bitcoin yang tersisa untuk ditambang.

Bitcoin tidak dirilis atau didukung oleh semua jenis lembaga keuangan atau pemerintah, begitu pula bitcoin individu tidak penting sebagai komoditas. Sistem bitcoin adalah kumpulan sistem komputer (juga disebut sebagai “node” atau “penambang”) yang semuanya menjalankan kode bitcoin dan juga menyimpan blockchain-nya. Karena fakta bahwa semua sistem komputer yang menjalankan blockchain memiliki daftar blok dan transaksi yang sama, dan dapat secara transparan melihat blok baru ini diisi dengan transaksi bitcoin baru, tidak ada yang bisa menipu sistem.

Keseimbangan simbol bitcoin disimpan menggunakan “trik” publik dan pribadi, yang merupakan string panjang huruf dan angka yang dihubungkan melalui rumus enkripsi file matematika yang digunakan untuk membuatnya. Trik publik umum (mirip dengan nomor rekening tabungan) berfungsi sebagai alamat yang dirilis ke dunia serta ke mana orang lain mungkin mengirim bitcoin.

Teknologi modern peer-to-peer.

Bitcoin adalah salah satu mata uang digital pertama yang menggunakan inovasi peer-to-peer untuk memfasilitasi pembayaran langsung. Individu independen serta bisnis yang memiliki kekuatan komputer yang mengatur dan juga berpartisipasi dalam jaringan bitcoin– “penambang” bitcoin– dikenakan biaya pemrosesan transaksi di blockchain dan juga didorong oleh manfaat (peluncuran bitcoin baru ) dan juga biaya transaksi yang dibayarkan dalam bitcoin.

Dengan melakukan ini, bitcoin dan juga cryptocurrency lainnya beroperasi dengan cara yang berbeda dari uang kertas; dalam sistem keuangan pusat, mata uang dilepaskan pada tingkat yang sesuai dengan perkembangan barang; Sistem ini dimaksudkan untuk menjaga stabilitas harga. Sistem terdesentralisasi, seperti bitcoin, menetapkan harga rilis di muka dan sesuai dengan algoritma.

Jika serangan terjadi, penambang bitcoin– orang-orang yang mengambil komponen dalam jaringan bitcoin dengan komputer mereka– kemungkinan akan bercabang ke blockchain baru, membuat upaya yang dilakukan aktor jahat untuk menyelesaikan pemogokan menjadi sia-sia.

Kunci pribadi (mirip dengan PIN MESIN ATM) diindikasikan sebagai kunci yang dilindungi dan hanya digunakan untuk mengotorisasi transmisi bitcoin. Kunci Bitcoin tidak boleh bingung dengan dompet bitcoin, yang merupakan gadget elektronik atau fisik yang membantu perdagangan bitcoin dan juga memungkinkan pengguna melacak kepemilikan koin. Istilah “dompet” agak menipu, karena sifat desentralisasi bitcoin menunjukkan bahwa ia tidak pernah disimpan “dalam” dompet, melainkan secara desentralisasi di blockchain.

Suwarno, S.Si., M.Pd.