Pencetakan 3D atau additive manufacturing adalah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari data elektronik.

Produksi objek cetak 3D dicapai dengan menggunakan proses aditif. Dalam prosedur aditif, suatu barang diproduksi dengan meletakkan lapisan-lapisan produk berikutnya sampai barang-barang itu diproduksi. Masing-masing lapisan ini dapat dilihat sebagai potongan melintang objek yang sangat halus Pencetakan 3D adalah kebalikan dari produksi subtraktif yang menghilangkan / menggali item baja atau plastik dengan sebagai contoh perangkat penggilingan. Pencetakan 3D memungkinkan Anda membuat formulir kompleks dengan menggunakan bahan yang jauh lebih sedikit daripada metode produksi standar.

Bagaimana Cara Kerja Pencetakan 3D?
Semuanya dimulai dengan desain 3D. Anda dapat memutuskan untuk mengembangkannya dari awal atau mengunduhnya dari koleksi 3D.

Aplikasi Perangkat Lunak 3D
Ada berbagai perangkat lunak yang ditawarkan. Dari kualitas industri hingga sumber daya terbuka. Kami telah membuat ringkasan di halaman program perangkat lunak 3D kami.

Kami biasanya merekomendasikan pemula untuk memulai dengan Tinkercad. Tinkercad bebas biaya dan beroperasi di browser internet Anda, Anda tidak perlu menginstalnya di komputer Anda. Tinkercad menyediakan pelajaran pemula serta memiliki fungsi terintegrasi untuk mengekspor versi Anda sebagai data yang dapat dicetak misalnya STL atau .OBJ. Sekarang setelah Anda memiliki file, tindakan berikut adalah menyiapkannya untuk printer 3D Anda.

Mengiris: Dari dokumen yang dapat dicetak ke Printer 3D
Pemotongan terutama menyarankan mengiris desain 3D menjadi ratusan atau ribuan lapisan dan juga selesai dengan aplikasi perangkat lunak slicing.

Ketika dokumen Anda diiris, itu menunggu printer 3D Anda. Mengumpankan data ke printer Anda dapat dilakukan melalui USB, SD atau Wi-Fi. Dokumen irisan Anda sekarang siap untuk dicetak 3D lapis demi lapis.

Sektor Pencetakan 3D
Pengembangan pencetakan 3D telah menjadi massa yang penting karena mereka yang belum memasukkan produksi aditif di suatu tempat dalam rantai pasokan mereka saat ini merupakan bagian dari minoritas yang terus menyusut. Di mana pencetakan 3D hanya ideal untuk pembuatan prototipe serta manufaktur satu kali pada awalnya, saat ini dengan cepat berubah menjadi teknologi produksi modern.

Mayoritas kebutuhan cetak 3D yang ada saat ini bersifat industri. Studi Acumen Research dan juga Consulting mengantisipasi pasar pencetakan 3D internasional untuk mencapai $41 miliar pada tahun 2026.

Seiring kemajuannya, teknologi pencetakan 3D ditakdirkan untuk mengubah hampir setiap industri besar serta mengubah cara kita hidup, bekerja, dan juga bermain di masa depan.

Contoh Pencetakan 3D
Pencetakan 3D menggabungkan berbagai jenis teknologi dan produk karena pencetakan 3D digunakan di hampir semua sektor yang dapat Anda pikirkan. Sangat penting untuk melihatnya sebagai kumpulan pasar yang bervariasi dengan berbagai aplikasi.

Beberapa contoh:

  • item pelanggan (kacamata, sepatu, desain, furnitur).
  • produk komersial (perangkat produksi, prototipe, suku cadang penggunaan akhir yang praktis).
  • produk lisan.
  • prostetik.
  • desain rangkaian bangunan & maquette.
  • membangun kembali fosil.
  • menduplikasi artefak kuno.
  • Merekonstruksi bukti dalam patologi forensik.
  • alat peraga film.

Perusahaan telah menggunakan printer 3D dalam proses desain mereka untuk mengembangkan model sejak akhir tahun tujuh puluhan. Memanfaatkan printer 3D untuk tujuan ini disebut prototipe cepat.

Mengapa menggunakan Printer 3D untuk Rapid Prototyping?
Pada dasarnya: ini cepat dan relatif terjangkau. Dari saran, ke versi 3D hingga memegang prototipe di tangan Anda adalah hitungan hari, bukan minggu. Modelnya jauh lebih mudah dan juga lebih terjangkau untuk dibuat dan Anda tidak memerlukan cetakan atau perangkat yang mahal.

Selain prototipe cepat, pencetakan 3D juga digunakan untuk produksi cepat. Manufaktur cepat adalah teknik produksi baru di mana layanan menggunakan printer 3D untuk manufaktur jangka pendek / batch kecil yang disesuaikan.

Otomotif
Produsen kendaraan sebenarnya telah menggunakan pencetakan 3D untuk waktu yang sangat lama. Bisnis otomotif mencetak komponen tambahan, komponen, perangkat, dan jig, tetapi juga komponen penggunaan akhir. Pencetakan 3D telah memungkinkan produksi sesuai permintaan yang menyebabkan berkurangnya tingkat pasokan dan juga telah mengurangi siklus desain dan manufaktur.

Pecinta otomotif di seluruh dunia memanfaatkan komponen cetak 3D untuk mengembalikan mobil dan truk tua. Salah satu contohnya adalah ketika para insinyur Australia menerbitkan suku cadang untuk menghidupkan kembali Delage Type-C. Dalam melakukannya, mereka perlu mencetak komponen yang tidak diproduksi selama beberapa dekade.

Kesehatan
Bukan hal yang aneh akhir-akhir ini untuk melihat berita utama tentang implan yang diterbitkan 3D. Seringkali, kasus-kasus tersebut bersifat spekulatif, yang dapat membuat seolah-olah pencetakan 3D masih merupakan teknologi pinggiran dalam industri medis dan perawatan medis, namun itu tidak terjadi lagi. Selama beberapa tahun terakhir, lebih dari 100.000 pengganti pinggul telah dicetak 3D oleh GE Additive.

Delta-TT Mug yang dibuat oleh Dr. Guido Grappiolo dan LimaCorporate terbuat dari Trabecular Titanium, yang dicirikan oleh struktur sel heksagonal tiga dimensi reguler yang meniru morfologi tulang trabecular. Struktur trabekular meningkatkan biokompatibilitas titanium dengan memotivasi perkembangan tulang langsung ke dalam implan. Beberapa implan Delta-TT awal masih berjalan dengan baik selama lebih dari satu dekade kemudian.

Hampir setiap alat bantu dengar dalam 17 tahun terakhir sebenarnya telah diterbitkan 3D berkat kerjasama antara Materialize dan Phonak. Dengan RSM, seorang profesional menggunakan silikon untuk mengambil persepsi saluran telinga, efek itu diperiksa 3D, dan setelah beberapa penyesuaian kecil, desain dicetak 3D dengan printer 3D material. Memanfaatkan proses ini, ratusan ribu alat bantu dengar dicetak 3D setiap tahun.

Dental
Di sektor kedokteran gigi, kami melihat cetakan untuk aligner bening berpotensi menjadi barang 3D yang paling banyak dipublikasikan di dunia. Saat ini, cetakan dan jamur dicetak 3D dengan proses pencetakan 3D berbasis resin dan bubuk, tetapi juga melalui pengaliran produk. Mahkota dan gigi palsu sudah dicetak 3D lurus, bersama dengan tinjauan bedah.

Produsen mobil dan truk sebenarnya telah menggunakan pencetakan 3D sejak lama. Pencetakan 3D sebenarnya telah memungkinkan manufaktur on-demand yang telah menyebabkan tingkat stok yang lebih rendah dan juga telah mengurangi tata letak dan siklus produksi.

Seringkali, situasi tersebut bersifat spekulatif, yang dapat membuat seolah-olah pencetakan 3D masih merupakan teknologi terdepan di bidang klinis dan juga kesehatan, namun itu tidak lagi terjadi. Dengan RSM, seorang spesialis menggunakan silikon untuk mengambil persepsi saluran telinga, dampak itu dipindai 3D, dan setelah beberapa penyesuaian kecil, desain dicetak 3D dengan printer 3D material. Saat ini, jamur dan lumut telah dicetak 3D baik dengan bahan maupun prosedur pencetakan 3D berbasis bubuk, namun juga menggunakan pengaliran bahan.