1. Periksa pengaturan privasi sosial
Jika Anda memiliki akun sosial, jaringan tersebut memiliki banyak informasi tentang Anda, dan Anda mungkin akan terkejut betapa banyak yang terlihat oleh siapa pun di internet secara default. Itulah mengapa kami sangat menyarankan Anda memeriksa pengaturan privasi pribadi Anda: Terserah Anda untuk menentukan info apa yang ingin Anda tunjukkan kepada orang asing versus teman baik Anda– dan bahkan tidak ada siapa pun selain Anda.

Ubah pengaturan privasi akun jejaring sosial Anda.

2. Jangan gunakan penyimpanan publik untuk informasi pribadi
Berbagi berlebihan tidak terbatas pada jejaring sosial. Jangan menggunakan layanan online yang tersirat untuk berbagi informasi untuk menyimpan informasi pribadi Anda. Misalnya, Google Documents bukanlah lokasi yang sangat baik untuk menyimpan daftar kata sandi, dan juga Dropbox bukanlah lokasi yang ideal untuk pemindaian tiket Anda kecuali jika disimpan dalam arsip terenkripsi.

Jangan gunakan layanan yang disarankan untuk berbagi untuk menyimpan informasi eksklusif Anda.

3. Hindari pemantauan
Peramban web Anda mengungkapkan beberapa hal tentang Anda dan latar belakang selancar Anda ketika Anda mengunjungi sebuah situs web. Pakar pemasaran menggunakan detail itu untuk membuat profil Anda serta menargetkan Anda dengan iklan. Pengaturan penyamaran tidak dapat benar-benar menghindari pelacakan seperti itu; Anda perlu menggunakan alat khusus.

Gunakan Penjelajahan Pribadi untuk menghindari pelacakan Web.
Temukan lebih banyak tentang alat yang dapat melindungi Anda dari pelacakan internet.

4. Jaga kerahasiaan alamat email dan nomor telepon utama Anda
Manfaat Anda untuk membagikan alamat email dan nomor telepon Anda? Juga jika Anda tidak dapat menghindari berbagi info ini dengan solusi Web serta toko online, jangan membaginya dengan orang acak di jejaring sosial.

Buat akun email tambahan dan dapatkan kartu SIM tambahan untuk digunakan belanja online serta berbagai skenario lain yang perlu berbagi data Anda dengan orang yang tidak dikenal.

5. Gunakan aplikasi perpesanan dengan end-to-end encryption
Banyak aplikasi perpesanan modern menggunakan enkripsi file, namun seringkali itulah yang mereka sebut keamanan dalam transportasi– pesan didekripsi di sisi penyedia serta disimpan di server webnya. Misalkan seseorang meretas server web itu? Jangan ambil ancaman itu– pilih end-to-end encryption– dengan melakukan ini, juga operator solusi pesan tidak dapat melihat percakapan Anda.

Manfaatkan aplikasi perpesanan dengan enkripsi file end-to-end– sebagai contoh, WhatsApp;
Perhatikan bahwa secara default, Facebook Carrier, Telegram dan juga Google Allo tidak menggunakan keamanan end-to-end. Untuk mengizinkannya, dengan tangan mulailah percakapan rahasia.

6. Gunakan kata sandi yang aman dan terjamin
Memanfaatkan kata sandi yang lemah untuk melindungi detail eksklusif Anda sebanding dengan meneriakkan informasi itu kepada orang yang lewat. Hampir tidak mungkin untuk mengingat kata sandi yang panjang dan unik untuk semua solusi yang Anda gunakan, namun dengan pengawas kata sandi Anda dapat mengingat hanya satu kata sandi utama.

Penggunaan kata sandi yang panjang (12 karakter serta lebih banyak lagi) hampir di mana-mana;
Manfaatkan kata sandi yang berbeda untuk setiap layanan;

7. Otorisasi kesaksian untuk aplikasi seluler serta perluasan browser
Aplikasi seluler meminta Anda untuk memberi mereka persetujuan aksesibilitas kontak atau dokumen di ruang penyimpanan gadget, dan untuk menggunakan kamera elektronik, mikrofon, geolokasi, dan sebagainya. Beberapa benar-benar tidak dapat berfungsi tanpa otorisasi ini, tetapi beberapa menggunakan informasi ini untuk membuat profil Anda untuk periklanan dan pemasaran (dan bahkan lebih buruk).

Jangan mengatur ekstensi browser web kecuali Anda benar-benar membutuhkannya. Sangat hati-hati memeriksa izin yang Anda berikan.

8. Lindungi ponsel dan komputer Anda dengan kode sandi atau kata sandi
Telepon dan juga sistem komputer kami menyimpan banyak informasi yang seharusnya kami rahasiakan, jadi lindungilah dengan kata sandi. Kata sandi ini sebenarnya tidak harus dibuat rumit dan unik, tetapi mereka harus menjaga orang-orang acak keluar. Di ponsel, lakukan sedikit lebih baik: kata sandi aktual atau pin enam digit dibandingkan dengan empat angka serta pola kunci layar. Untuk gadget yang mendukung autentikasi biometrik– baik analisis sidik jari atau face unlock– biasanya OKE, namun perlu diingat bahwa inovasi ini memiliki kendala.

Gunakan sandi atau autentikasi biometrik untuk mengunci ponsel, komputer, dan tablet Anda.

9. Nonaktifkan notifikasi layar kunci
Lindungi ponsel Anda dengan kata sandi yang panjang dan terlindungi, tetapi biarkan notifikasi di layar kunci? Sekarang setiap orang yang lewat dapat melihat organisasi Anda. Agar informasi tersebut tidak muncul di layar terkunci, buat pemberitahuan dengan benar.

Nonaktifkan peringatan layar kunci atau sembunyikan info rahasia dari layar kunci.

10. Tetap eksklusif di jaringan Wi-Fi
Jaringan Wi-Fi publik biasanya tidak mengamankan lalu lintas, yang berarti siapa pun di jaringan yang sama dapat mencoba untuk menyelidiki lalu lintas Anda. Jauhi transmisi semua jenis informasi sensitif– login, kata sandi, informasi kartu tagihan, dan sebagainya– melalui Wi-Fi publik, dan gunakan VPN untuk mengenkripsi data Anda serta melindunginya dari mata-mata.

Jika memungkinkan; cari tahu lebih banyak tentang ancaman Wi-Fi publik, hindari memanfaatkan Wi-Fi publik
Manfaatkan koneksi VPN yang dilindungi jika Anda harus terhubung ke hotspot publik.

Jangan gunakan layanan online yang dimaksudkan untuk berbagi info untuk menyimpan data pribadi Anda. Pemasar memanfaatkan info itu untuk membuat profil Anda serta menargetkan Anda dengan iklan. Banyak aplikasi perpesanan modern menggunakan keamanan, namun dalam banyak situasi itulah yang mereka sebut enkripsi file saat transit– pesan didekripsi di sisi operator dan disimpan di server webnya. Aplikasi seluler meminta Anda memberi mereka persetujuan untuk mendapatkan akses ke panggilan atau dokumen di penyimpanan gadget, dan untuk menggunakan kamera elektronik, mikrofon, geolokasi, dan sebagainya. Beberapa benar-benar tidak dapat bekerja tanpa persetujuan ini, namun beberapa menggunakan informasi ini untuk membuat profil Anda untuk pemasaran (dan bahkan lebih buruk).