Model ASSURE dirancang untuk membantu guru merencanakan pelajaran yang secara efektif mengintegrasikan penggunaan teknologi dan media di kelas. Menganalisis siswa (Analyze learners), menyatakan tujuan (State standards and objectives), memilih strategi, teknologi, media dan materi pembelajaran (Select strategies, technology, media, and materials), memanfaatkan materi (Utilize technology, media, and materials), membutuhkan partisipasi siswa (Require learner participation), revisi dan evaluasi (Evaluate and revise) adalah bagian dari teknik desain pembelajaran yang disebut “ASSURE”. Model ini bermanfaat karena orientasinya pada penggunaan media dan teknologi dalam menciptakan proses dan kegiatan pembelajaran (Russell, 2014).

Analyze Learners

Langkah pertama dalam merencanakan pelajaran adalah mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik siswa yang terbukti terkait dengan hasil belajar. Informasi ini akan memandu pengambilan keputusan Anda selama desain pelajaran Anda. Area utama yang perlu dipertimbangkan selama analisis pelajar meliputi (1) karakteristik umum pelajar, (2) kompetensi masuk khusus (pengetahuan, keterampilan, dan sikap tentang topik), dan (3) gaya belajar.

States Standars and Objectives

Langkah selanjutnya adalah menyatakan standar dan tujuan pembelajaran sespesifik mungkin. Mulailah dengan standar kurikulum dan teknologi yang diadopsi oleh distrik Anda, karena ini didasarkan pada kriteria kinerja siswa negara bagian dan nasional. Sasaran yang dinyatakan dengan baik memberi nama siswa yang menjadi sasaran tujuan, tindakan (perilaku) yang akan diperlihatkan, kondisi di mana perilaku atau kinerja akan diamati, dan sejauh mana pengetahuan atau keterampilan baru harus dikuasai. Untuk teks ini, syaratnya akan mencakup penggunaan teknologi dan media untuk mendukung pembelajaran dan menilai pencapaian standar atau tujuan pembelajaran.

Select Strategies, Technology, Media, and Materials

Setelah Anda menganalisis pelajar Anda dan menyatakan standar dan tujuan, Anda telah menetapkan titik awal (pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa saat ini) dan titik akhir (tujuan pembelajaran) dari pengajaran. Tugas Anda sekarang adalah membangun jembatan antara dua poin ini dengan memilih strategi, teknologi, dan media pembelajaran yang sesuai, dan materi untuk mencapai tujuan.

Utilize Technology, Media, and Materials

Langkah ini melibatkan perencanaan peran mengajar Anda untuk memanfaatkan teknologi, media, dan materi untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Untuk melakukan ini, ikuti proses “5 Ps”: Pratinjau teknologi, media, dan materi (Preview the technology, media, and materials), Mempersiapkan teknologi, media, dan material (Prepare the technology, media, and materials), Persiapkan lingkungan (Prepare the environment),  Persiapkan siswa (Prepare the learners), dan Memberikan pengalaman belajar (Provide the learning experience).

Require Learner Participation

Agar efektif, pengajaran harus membutuhkan keterlibatan mental aktif siswa. Sediakan aktivitas yang memungkinkan mereka mempraktikkan pengetahuan atau keterampilan baru dan menerima umpan balik atas upaya mereka sebelum dinilai secara formal. Latihan mungkin melibatkan pemeriksaan diri siswa, instruksi dengan bantuan komputer, aktivitas Internet, atau latihan kelompok. Umpan balik dapat datang dari guru, komputer, siswa lain, atau evaluasi diri.

Evaluate and Revise

Setelah melaksanakan pelajaran, evaluasi dampaknya terhadap pembelajaran siswa. Penilaian ini tidak hanya menguji sejauh mana siswa mencapai tujuan pembelajaran, tetapi juga menguji keseluruhan proses pembelajaran dan dampak penggunaan teknologi dan media. Jika ada perbedaan antara tujuan pembelajaran dan hasil siswa, perbaiki rencana pelajaran untuk menangani bidang yang menjadi perhatian.

Referensi

Smaldino, S., Lowther, D., Mims, C., & Russell, J. (2018). Instructional Technology and Media for Learning (12th ed.). Pearson. ISBN-13: 978-0134287485