Pendekatan Heroic Leadership yang dikemukakan oleh Lowney (2005) adalah gaya kepemimpinan yang melawan arus kebanyakan model kepemimpinan kontemporer. Kepemimpinan yang ditawarkan berpedoman pada hal-hal sebagi berikut.

  1. Kita semua adalah pemimpin sepanjang waktu. Terkadang kepemimpinan itu dilaksanakan secara langsung, dramatis dan jelas nyata, yang lebih sering dengan cara halus , sulit diukur
  2. Kepemimpinan muncul dari dalam bukan apa yang kita lakukan (what we do) melainkan siapa kita (who we are). Bagi seorang pemimpin alat kepemimpinan yang paling menarik perhatian ialah siapa dirinya. Seorang pribadi yang memahami apa yang dianggapnya bernilai atau apa yang diinginkannnya, dan memandang dunia secara konsisten
  3. Kepemimpinan bukan suatu tindakan tetapi cara hidup. Kepemimpinan bukan tugas yang dapat dikesampingkan sewaktu pulang ke rumah melainkan memerlukan suatu prilaku yang cocok tergantung dari cara kita bertindak. Dengan kita mengetahui apa yang dianggap bernilai dan apa yang ingin dicapai, ia mengorientasikan dirinya pada lingkungan yang baru sembari berkeyakinan beradaptasi.
  4. Kepemimpinan berlangsung terus menerus. Kepemimpinan pribadi merupakan sebuah kerja tanpa akhir dan bersumber pada pemahaman diri yang tumbuh. Pemimpin yang kuat menikmati peluang untuk terus belajar tentang diri sendiri dan dunia serta menatap ke depan.

Gaya kepemimpinan yang bersifat heroic adalah gaya kepemimpinan yang bersifat memiliki kesadaran seperti seorang pahlawan (hero). Kesadaran itu meliputi hal-hal sebagi berikut.

  1. Kesadaran diri untuk mengembangkan potensi-potensi dengan menambah ketrampilan pribadi secara terus menerus
  2. Kesadaran mau mencari kelemahan-kelemahan diri yang dapat diapakai sebagai titik tolak memperbaiki konsep diri
  3. Kesadaran untuk menambil nilai manfaat dari apa yang dipelajari
  4. Kesadaran untuk menentukan pendirian sebagai pandangan hidup yang rela berkorban
  5. Kesadaran untuk menyemangati diri sendiri dan orang lain dengan ambisi heroic

Daftar Pustaka:
Lowney,Chris, 2005. Heroic Leadership. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.