Pengembangan Bahan Pembelajaran (Bagian III)

3. Komponen Paket Instruksional

3.1 Materi Instruksional
Bahan ajar berisi konten — baik tertulis, dimediasi, atau difasilitasi oleh instruktur — yang digunakan siswa untuk mencapai tujuan. Bahan ajar mengacu pada bahan yang sudah ada sebelumnya yang dimasukkan, serta bahan-bahan yang dikembangkan secara khusus untuk tujuan. Template untuk bimbingan siswa tersebut sekarang tersedia sebagai bagian dari portal manajemen kursus online berbasis web komersial seperti Blackboard. Buku kerja siswa, panduan kegiatan, skenario masalah, simulasi komputer, studi kasus, daftar sumber daya, dan bahan-bahan lainnya juga merupakan bagian dari materi pengajaran.

3.2 Penilaian
Semua bahan ajar harus disertai dengan tes objektif atau dengan penilaian produk atau kinerja, dan dapat mencakup pretest dan posttest. Tertanam tes dibangun langsung ke bahan mereka, tetapi Anda dapat memutuskan bahwa Anda tidak ingin memiliki pretest dan posttests sebagai komponen terpisah dalam materi, lebih suka agar mereka muncul sebagai bagian dari bahan instruktur sehingga tidak tersedia untuk siswa. Paket tidak lengkap, namun, kecuali Anda memasukkan setidaknya posttest dan penilaian lain yang diperlukan untuk menggunakan paket instruksional.

3.3 Informasi Manajemen Mata Kuliah
Seringkali, ada deskripsi umum tentang paket total, biasanya disebut manual instruktur, yang memberikan gambaran umum materi dan menunjukkan bagaimana mereka dapat dimasukkan ke dalam urutan pembelajaran keseluruhan untuk siswa. Selain template panduan siswa yang disediakan dalam sistem manajemen instruksional berbasis web komersial, ada juga dukungan manajemen kursus untuk instruktur, sering kali termasuk daftar kelas otomatis, pelacakan siswa, pengujian online, pemantauan proyek, pemantauan proyek, buku kelas, dan berbagai komunikasi dan mekanisme pengiriman pesan. Perhatian khusus harus diberikan pada kemudahan dengan mana informasi manajemen kursus dapat digunakan oleh instruktur atau manajer kursus, dan harus menjalani jenis evaluasi formatif yang sama seperti tes dan instruksi. Pertimbangan untuk menambahkan saran untuk lingkungan belajar konstruktivis ke informasi manajemen kursus termasuk kebutuhan organisasi, kesesuaian lingkungan untuk tujuan dan untuk kemampuan dan motivasi peserta didik, kinerja dan konteks pembelajaran, dan sumber daya yang tersedia untuk mendukung lingkungan.

Referensi:
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2014). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). Pearson.

Suwarno, S.Si., M.Pd.