Pelajar saat ini menginginkan konten yang relevan, seluler, serba cepat, dan dipersonalisasi. Kebutuhan ini dipenuhi dengan mode pembelajaran online; di sini, siswa dapat belajar dengan kenyamanan dan kebutuhan mereka sendiri. Mari kita lihat secara analitis keuntungan dari pembelajaran online [1].

1. Pembelajaran Online Mengakomodasi Kebutuhan Setiap Orang

Metode pembelajaran online paling cocok untuk semua orang. Revolusi digital ini telah menyebabkan perubahan luar biasa dalam cara konten diakses, dikonsumsi, dibahas, dan dibagikan. Kursus pendidikan online juga dapat diikuti oleh pengunjung kantor dan ibu rumah tangga, pada waktu yang sesuai untuk mereka. Bergantung pada ketersediaan dan kenyamanan mereka, banyak orang memilih untuk belajar di akhir pekan atau malam hari.

2. Kuliah Dapat Diambil Berapa Kali

Tidak seperti pengajaran di kelas, dengan pembelajaran online Anda dapat mengakses konten dalam jumlah yang tidak terbatas. Ini terutama diperlukan pada saat revisi saat mempersiapkan ujian. Dalam bentuk pembelajaran tradisional, jika Anda tidak dapat menghadiri kuliah, maka Anda harus mempersiapkan topik itu sendiri; di eLearning, Anda dapat menghadiri kuliah kapan pun Anda mau dengan mudah.

3. Menawarkan Akses ke Konten yang Diperbarui

Manfaat utama belajar online adalah memastikan bahwa Anda selaras dengan pelajar modern. Ini memungkinkan pelajar untuk mengakses konten yang diperbarui kapan pun mereka menginginkannya.

4. Penyampaian Pelajaran yang Cepat

eLearning adalah cara untuk memberikan penyampaian pelajaran dengan cepat. Dibandingkan dengan metode pengajaran kelas tradisional, mode ini memiliki siklus penyampaian yang relatif cepat. Hal ini menunjukkan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk belajar berkurang menjadi 25% -60% dari waktu yang dibutuhkan dalam pembelajaran tradisional. Ada beberapa alasan mengapa waktu belajar dikurangi dengan eLearning:

Pelajaran dimulai dengan cepat dan juga diakhiri dalam satu sesi pembelajaran. Hal ini memungkinkan program pelatihan diluncurkan dengan mudah dalam beberapa minggu, atau bahkan beberapa hari. Peserta didik dapat menentukan kecepatan belajar mereka sendiri daripada mengikuti kecepatan seluruh kelompok.

Menghemat waktu sebagai siswa tidak perlu melakukan perjalanan ke tempat pelatihan. Anda dapat belajar di kenyamanan tempat Anda sendiri. Siswa dapat memilih untuk mempelajari area spesifik dan relevan dari materi pembelajaran tanpa fokus pada setiap area. Misalnya, mereka dapat melewati area tertentu yang tidak ingin mereka pelajari.

5. Skalabilitas

eLearning membantu dalam menciptakan dan mengkomunikasikan pelatihan, kebijakan, konsep, dan ide baru. Baik itu untuk pendidikan formal atau hiburan, eLearning adalah cara belajar yang sangat cepat!

6. Konsistensi

eLearning memungkinkan pendidik mendapatkan cakupan yang lebih tinggi untuk mengkomunikasikan pesan secara konsisten untuk audiens target mereka. Ini memastikan bahwa semua pelajar menerima jenis pelatihan yang sama dengan mode pembelajaran ini.

7. Pengurangan Biaya

eLearning hemat biaya dibandingkan dengan bentuk pembelajaran tradisional. Alasan penurunan harga ini karena pembelajaran melalui mode ini terjadi dengan cepat dan mudah. Banyak waktu pelatihan berkurang sehubungan dengan pelatih, perjalanan, materi kursus, dan akomodasi. Efektivitas biaya ini juga membantu dalam meningkatkan profitabilitas organisasi. Juga, ketika Anda belajar di tempat Anda sendiri, Anda dibebaskan dari membayar biaya perjalanan (misalnya akomodasi) ketika pelatihan terjadi di kota / negara bagian lain dan / atau materi pembelajaran eksternal.

8. Efektivitas

eLearning memiliki pengaruh positif pada profitabilitas organisasi. Itu membuatnya mudah untuk memahami konten dan mencernanya:

Ini menghasilkan peningkatan skor pada sertifikasi, tes, atau jenis evaluasi lainnya. Jumlah siswa yang mencapai tingkat ‘lulus’ atau penguasaan ‘lebih tinggi. Peningkatan kemampuan untuk belajar dan menerapkan proses atau pengetahuan baru di tempat kerja. Membantu dalam menyimpan informasi untuk waktu yang lebih lama.

9. Lebih Sedikit Dampak Terhadap Lingkungan

Karena eLearning adalah cara belajar tanpa kertas, eLearning sangat melindungi lingkungan. Sesuai dengan studi yang dilakukan pada kursus eLearning, telah ditemukan bahwa program pembelajaran berbasis jarak jauh mengkonsumsi daya sekitar 90% lebih sedikit dan menghasilkan emisi CO2 85% lebih sedikit dibandingkan dengan kursus pendidikan berbasis kampus tradisional. Dengan eLearning, tidak perlu menebang pohon untuk mendapatkan kertas. Jadi, eLearning adalah cara belajar yang sangat ramah lingkungan.

Referensi

[1] G. Sunil, “9 Benefits Of eLearning For Students – eLearning Industry,” eLearning Industry, 2017. https://elearningindustry.com/9-benefits-of-elearning-for-students (accessed Sep. 21, 2020).