Entrepreneurship saat in i menjadi trending topic sebagai komponen strategis baik skala lokal maupun nasional untuk membangun keunggulan kom petitif. Terbukti berbagai penelitian, laporan maupun ulasan terns membahas tentang perkembangan entrepreneurship dari berbagai sisi, sehingga semakin menyempumakan menjadi konsep multidimensional. Entrepreneurship telah menjadi konsep multifaceted yang mudah dipahami dari berbagai perspektif (Audretsch, Kuratko, & Link, 2015). Entrepreneurship berperan penting dalam modern urban growth sebagai driving force untuk perkembangan ekonomi saat in i (Edward et al., 2015; Yari, Toulabi, & Pourashraf, 2013).

Konsep entrepreneurship saat in i bukan hanya menjadi m ilik para pelaku entrepreneur, namun mulai dikenalkan pada siswa di bangku sekolah. Bahkan di tingkat pendidikan tinggi membekali mahasiswa dengan praktik entrepreneur telah menjadi salah satu tugas penting pendidikan masa kini dalam menyiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja. Persaingan di era industri 4.0 yang ditandai dengan berbagai kemajuan teknologi dan pergeseran ilmu pengetahuan telah menuntut adanya kompetensi baru yang lebih kompleks. Oleh karena itu, pembekalan mahasiswa dianggap mampu menjembatani terbangunnya kompetensi yang dibutuhkan di era industri 4.0. Temuan di 32 negara menyebutkan bahwa pendidikan entrepreneurship berdampak pada terbangunnya aktifitas entrepreneurship secara komprehensif (W alter & Block, 2016).

Beberapa penelitian telah mengupas secara mendalam konteks tersebut dengan sebutan entrepreneurial mindfullnes. Dengan entrepreneurial minfullnes, maka seseorang akan lebih adaptif, fleksibel, proaktif dan tangguh karena sadar pentingnya memanfaatkan peluang dalam mencapai sustainabilitas. Oleh karena itu entrepreneurial mindfullnes menjadi dasar terbangunnya kebiasaan entrepreneurship (Rerup, 2005). Mindfullnes akan membuat seseorang memiliki kreatifitas yang lebih intensif dan bahkan mindfullnes di-propose menjadi sebuah tahapan baru dalam evolusi pemasaran (Uslay & Erdogan, 2014). Entrepreneurial mindfullnes juga menjadi awal berkembangnya indigenous knowledge, indigenous innovations dan permulaan dari habit entrepreneurship yang dalam jangka panjang akan menghasilkan hasil yang signifikan (Ndubisi, Uslay, & Capel, 2014). Dari berbagai konsep ini, maka lahirlah kajian tentang Entrepreneurialmindfullnes yang kemudian dibangun melalui metode Neuroresearch yang mengkombinasikan tiga tahap penting yaitu m elalui penelitian eksploratori, eksplanatori dan konfirm atori (Sasmoko, Indrianti, Karsidi, Wuisan, & Ruliana, 2018; Sasmoko & Ying, 2015).

Referensi

Audretsch, D. B., Kuratko, D. F., & Link, A. N. (2015). Making sense of the elusive paradigm of entrepreneurship. Small Business Economics, 45(4), 703—712. https://doi.org/10.1007/sl 1187-015-9663-z

Edward, L., Kerr, S. P., Kerr, W. R., Link, C., Glaeser, E. L., Kerr, S. P., & Kerr, W. R. (2015). Entrepreneurship and Urban Growth: An Empirical Assessment with Historical Mines The Harvard community has made this article openly available. Please share how this access benefits you. Your story matters. Citation Accessed (Article begins on next pa).

Ndubisi, N. O., Uslay, C., & Capel, C. (2014). Mindfulness, indigenous knowledge, indigenous innovations, and entrepreneurship. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship.Rerup, C. (2005). Learning from past experience: Footnotes on mindfulness and habitual entrepreneurship. Scandinavian Journal of Management, 21(4 SPEC. ISS.), 451-472. https ://doi.org/10.1016/j .scaman.2005.09.010

Sasmoko, Indrianti, Y., Karsidi, R., Wuisan, D., & Ruliana, P. (2018). Neuroresearch: Another form of mixed method. International Journal of Engineering and Technology (UAE), 7(2), 134-138. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.10.10971

Sasmoko, & Ying, Y. (2015). Construct Validity in NeuroResearch. Advanced Science Letters, 21(1), 2438-2441. https://doi.Org/doi:10.1166/asl.2015.6301

Uslay, C., & Erdogan, E. (2014). The mediating role of mindful entrepreneurial marketing (MEM ) between production and consumption. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, 16( 1), 47-62. https://doi.org/10.1108/JRM E-ll-2013-0034

Walter, S. G., & Block, J. H. (2016). Outcomes of entrepreneurship education: An institutional perspective. Journal of Business Venturin, 31(2), 216-233.
https://doi.org/10.1017/CB09781107415324.004

Yari, A., Toulabi, Z., & Pourashraf, Y. (2013). Designing propensity to entrepreneurship paradigm in Ilam universities ( structural equation model approach), 872-880.