Studi komparasi bagian III

Negara selanjutnya yang akan diriviu memang memiliki track record pendidikan yang sudah istimewa di mata dunia, pencapaian siswa pada assessment PISA 2018 pun berada pada rangking 4 dengan score 522, yaitu Finlandia. Secara internasional, seperti pada kurikulum UK, USA, dan Scandinavia, sudah umum bahwa sains dipelajari di kelas 7 sampai kelas 9 sebagai subjek yang terintegrasi dengan mata pelajaran lainnya. System pendidikan finlandia dikarakteri dengan pelimpahan kekuasaan pemerintah pusat pada pemerintahan subnasional terkait dengan aturan kurikulum dan asesmen di tingkat local untuk semua guru. Hal ini serupa terjadi pada kurikulum pendidikan sains di china dimana pihak sekolah diberi kebebasan untuk memilih konsep yang akan diajarkan dengan cara masing-masing. Disain kurikulum local memiliki kebermaknaan karena memiliki penekanan pada proses dibandingkan hasil akhir. Acuan kurikulum pembelajaran sains tertera pada table dibawah, dimana pada sekolah dasar, sains diajarkan dalam bentuk terintegrasi dalam tema besar, sedangkan pada kelas sekolah lanjutan disampaikan secara parsial, sebagai berikut:

Pada pembelajaran fisika dan kimia, penekanan pembelajaran ada pada  pengalaman nyata dalam bentuk observasi,dan  investigasi objek serta fenomena  untuk memahami prinsip-prinsip fisika dan kimia,  sedangkan pada mata pelajaran biologi, pembelajaran ditekankan pada  hubungan antara makluk hidup dengan alam, beserta tanggung jawab manusia untuk menjaga alam tersebut. Sehingga tujuan utama dari pembelajaran sains adalah membantu siswa untuk   mempersepsikan alam sebagai tempat hidup, dan mempelajari konsep,  dan prinsip sains untuk memahami  ketyerkaitan antara  manusia dan alam, serta mengembangkan keterampilan kerja  secara saintifik, mampu bekerja sama dengan orang lain, dan menstimulisi ketertarikan  siswa pada alam.

Focus pada pembelajaran sains di finlandia khususnya adalah  “identify scientific issues” dimana siswa diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuannya untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di dunia ini terkait dengan hukum-hukum alam.

Fransiska Astri Kusumastuti, S.Pd., M.Pd.