WOLFRAMALPHA

Oleh: Suwarno

Google, kata yang sering kali kita dengar di dalam dunia internet. Google Inc. adalah sebuah perusahaan Amerika yang bergerak di bidang jasa dan produk internet. Salah satu produk yang dihasilkan adalah Google search engine. Cara kerja Google search engine sangat mudah. Kita cukup memasukkan kata kunci yang akan dicari kemudian Google akan menampilkan sumber-sumber website yang terkait dengan kata kunci tersebut.

gambar1

Contoh di atas adalah tampilan google ketika kita memasukkan kata kunci Binus PGSD. Tahukah Anda? Semakin berkembangnya teknologi, search engine (mesin pencari) seperti google semakin berkembang. Pada tahun 2009, Stephen Wolfram mengembangkan suatu computational knowledge engine yang dikenal dengan nama WolframAlpha. Berbeda dengan Google, WolframAlpha tidak hanya menampilkan informasi yang tersedia bebas di website, tetapi WolframAlpha memanfaatkan kumpulan data yang sudah dinilai oleh para pakar. WolframAlpha dapat diakses melalui website http://www.wolframalpha.com/.

Berikut ini contoh penggunaan WolframAlpha. Jika Anda ingin mengetahui informasi rinci tentang planet bumi, Google akan menampilkan informasi yang tersedia bebas di website yang terkait dengan planet Bumi. Berbeda dengan Google, WolframAlpha akan menampilkan data-data yang terkait dengan planet Bumi. Data-data tersebut bersumber dari pakar yang terjamin secara ilmiah.

gambar2

gambar3

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh WolframAlpha. Selain sebagai sumber data pengetahuan, yaitu meliputi bidang Matematika, Fisika, Kesehatan, Sejarah Teknik, Olahraga, Ilmu Komputer dan lain sebagainya.

gambar4

Sebagai contoh dalam bidang kesehatan, WolframAlpha dapat memberikan informasi data dari seseorang yang memiliki Tinggi Badan 170 cm dengan Massa 70 Kg. Berikut ini hasil yang ditampilkan oleh WolframAlpha.

gambar5

WolframAlpha juga dapat menjawab pertanyaan seperti “who is president of Indonesia” atau “what is the distance between Jakarta and bogor”. WolframAlpha dapat memberikan informasi cuaca di suatu tempat, menyajikan peta, informasi geografis, dan sebagainya. Akan tetapi, WolframAlpha juga masih memiliki kekurangan dan masih dalam tahapan pengembangan lebih lanjut.