Bila kita melihat sekarang ini, menjadi manusia yang berpendidikan tinggi saja tidak cukup. Kejahatan banyak terjadi bukan dari mereka yang dikatakan tidak berpendidikan tetapi justru dari mereka yang memiliki pendidikan. Bila Indonesia hanya mencetak generasi muda yang berpendidikan tinggi tetapi tidak memiliki karakter, apakah mereka bisa menjadi penerus bangsa?
Generasi muda yang kedepannya mengambil peran sebagai penerus bangsa, haruslah dipersiapkan sedemikian rupa agar kedepannya generasi muda sekarang ini dapat menjadi teladan untuk generasi muda selanjutnya, karena mereka adalah pemimpin-pemimpin masa depan. BINUS UNIVERSITY mengajak sekolah-sekolah untuk melihat sebuah fakta bahwa saat ini yang diperlukan generasi muda bukan hanya pendidikan akademik saja tetapi juga pendidikan moral, nilai-nilai dan budi pekerti juga harus menjadi bagian dalam pembelajaran siswa-siswi di sekolah.

Untuk itu BINUS UNIVERSITY melalui program BINUS UNIVERSITY Learning Community (BULC) yang terkait dengan School Management & Curriculum Support Enhancement mengadakan acara Principal Wisdom Update yang ditujukan kepada pimpinan-pimpinan sekolah. Principal Wisdom Update merupakan program yang memberikan update mengenai isu dan perkembangan terkini akan kebijakan dan tantangan pengelolaan pendidikan yang dihadapi serta wawasan dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan ke depan.
Tujuan dari acara ini adalah untuk membina hubungan baik antara BINUS UNIVERSITY dengan sekolah-sekolah dan mendukung pengembangan kurikulum untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia serta memberikan knowledge sharing kepada pimpinan-pimpinan sekolah. Principal Wisdom Update ini juga merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bisa BINUS UNIVERSITY lakukan khususnya di dunia pendidikan.

Acara ini diadakan secara road show di beberapa daerah di Indonesia seperti di Pontianak yang dilakukan pada 15 Maret 2014 dengan peserta 45 guru dengan pembicara Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM selaku Rektor BINUS UNIVERSITY, di Pekan Baru yang dilakukan pada 8 Maret 2014 dengan peserta 27 guru dengan pembicara Drs. Andreas Chang, MBA selaku Vice Rector Student Affair & Community Development BINUS UNIVERSITY, lalu di Malang pada 28 Februari dan 1 Maret 2014 dengan peserta keseluruhan 170 guru yang juga dibawakan oleh Rektor BINUS UNIVERSITY, kemudian di Makassar yang dilakukan pada 24 Februari 2014 dengan 14 guru yang dibawakan oelh Rektor BINUS UNIVERSITY dan yang terakhir di Jakarta pada 5 Maret 2014 yang juga melibatkan Pearson Indonesia sebagai pembicara dan Drs. Andreas Chang, MBA.

Selain Principal Wisdom Update, BINUS UNIVERSITY juga membekali guru BK sekolah dengan tema pendidikan karakter dan soft skill di sekolah yang dibawakan oleh Drs. Andreas Chang, MBA. Acara ini diadakan selama beberapa hari di JABODETABEK, yaitu pada 29 Januari 2014 dengan jumlah 13 guru, pada 6 Maret 2014 dengan jumlah 37 guru dan pada 3 Maret 2014 dengan jumlah 45 guru.
Dengan rangkaian kegiatan ini, diharapkan para guru dan pimpinan sekolah dapat membekali siswa-siswinya dengan pengenalan karakter dan menyediakan wadah yang tepat bagi generasi muda meluapkan semangatnya untuk hal-hal yang positif. (LR)